Sukses

Mau Pergi Liburan? Baca Dulu 5 Trik Hemat Ini

Pastikan Anda memiliki anggaran yang sesuai agar liburan dapat dinikmati.

Liputan6.com, Jakarta - Libur panjang akhir tahun sudah di depan mata, banyak orang merencanakan bepergian untuk menghabiskan masa liburnya.

Ya, bisa berlibur memang hal yang menyenangkan, tapi sayangnya sering berakhir dengan menghabiskan biaya lebih dari yang sudah direncanakan saat berada di tempat tujuan.

Oleh karena itu pastikan memiliki anggaran yang sesuai agar liburan bisa dinikmati dan tidak menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

Berikut ini tips dan trik yang bisa dilakukan saat bepergian agar tidak melebihi biaya yang sudah dianggarkan seperti dilansir laman travel.iafrica:

1. Teliti dan rencanakan rute tujuan

Sebelum pergi berlibur, sebaiknya lakukan penelitian dan rencanakan rute yang akan dikunjungi, bila menggunakan kendaraan pribadi, mulailah eksplorasi dengan rinci  di peta jalan yang akan dilalui, biasanya ada beberapa pilihan jalan di map untuk mencapai suatu lokasi.

Hal ini demi membantu Anda mengurangi bahan bakar yang tidak perlu atau antisipasi jalanan macet. Selain itu, juga bisa membantu Anda menemukan tujuan yang lebih hemat biaya di luar tempat-tempat wisata yang biasanya lebih mahal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanyakan Layanan dan Diskon Hotel

2. Tanyakan tentang layanan dan diskon hotel

Jika ingin tinggal di hotel atau resor, cari tahu terlebih dahulu fasilitas dan layanan yang diberikan.

Manfaatkan setiap layanan gratis yang disediakan oleh hotel, seperti Wi-Fi dan layanan antar-jemput, karena ini bisa menghemat biaya selama Anda berlibur.

Banyak hotel dan resor juga memiliki program loyalitas, jika Anda hanya seorang tamu biasa, maka cari tahu apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan diskon.

3. Hindari kelebihan barang bawaan

Bila  pergi menggunakan pesawat, pastikan Anda tidak membawa banyak barang untuk menghindari kelebihan biaya bagasi di pesawat.

Bawalah barang seperlunya saja, bahkan jika durasi perjalanan panjang, hindari membawa terlalu banyak pakaian, akan lebih bagus jika memanfaatkan laundry (atau mencuci pakaian sendiri) daripada membayar ekstra bagasi.

3 dari 3 halaman

Gunakan Uang Tunai

4. Gunakan uang tunai bukan kartu kredit

Menggunakan uang tunai akan membantu Anda mengetahui berapa banyak uang dimiliki dan mempertahankan anggaran harian yang sudah dialokasikan.

Pastikan hanya membawa uang tunai untuk berbelanja dan tidak melebihi biaya yang sudah dianggarkan setiap harinya, gunakan kartu kredit Anda hanya dalam keadaan darurat. Keuntungan lain dari membawa uang tunai adalah bahwa Anda juga dapat bernegosiasi dan menawar barang saat belanja di pasar.

Akan tetapi ingat untuk tetap waspada baik saat membawa uang tunai maupun kartu kredit dari para pencopet yang berkeliaran.

5. Persiapkan makanan Anda sendiri

Sarapan merupakan hal penting, sebelum berjalan-jalan, pastikan Anda untuk sarapan yang seimbang, karena hal ini akan mendukung Anda untuk melewati hari. Bila ingin berhemat, persiapkanlah makanan siang sendiri yang bisa dibeli di warung, hal ini untuk menghindari makan siang di restoran bila lokasi tujuan Anda hanya tersedia restoran mahal dan tidak ada warung rumahan.
 
Dengan mengikuti tips ini, setidaknya Anda sudah lebih berhemat saat liburan dan kemungkinan bisa kembali ke rumah dalam kondisi keuangan yang sehat, baik dan siap untuk memulai tahun 2017 dalam kerangka pikiran yang rileks.​ (Dhita K)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.