Sukses

Usai BBM, Pemerintah akan Terapkan Kebijakan Elpiji Satu Harga

Penerapan elpiji satu harga baru bisa terlaksana bila penyaluran subsidi elpiji langsung bagi masyarakat miskin dan rentan miskin berjalan.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah berencana menerapkan kebijakan elpiji satu harga di seluruh wilayah Indonesia. Ini seiring pemberlakuan penyaluran subsidi ‎langsung pada elpiji ukuran 3 kilogram (kg).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmaja, mengungkapkan program elpiji satu harga hanya berlaku untuk yang mendapatkan subsidi, yaitu yang berukuran 3 kg. Nantinya harga elpiji ini akan ditetapkan pemerintah.

Sedangkan untuk elpiji 12 kg akan mengalami penyesuaian berdasarkan keputusan PT Pertamina (Persero).

"Elpiji satu harga untuk yang disubsidi (ukuran 3 kilogram),"‎ kata dia dalam satu diskusi di Jakarta, Kamis (23/11/2016).

Menurut Wiratmaja, penerapan elpiji satu harga baru bisa terlaksana bila penyaluran subsidi elpiji langsung bagi masyarakat miskin dan rentan miskin berjalan. Dengan begitu, hanya kedua golongan masyarakat tersebut yang berhak mendapat subsidi elpiji.

Adapun pemerinah berencana dalam menyalurkan subsidi langsung elpiji, akan menggunakan media kartu identitas, yang diberikan kepada masyarakat yang berhak menerima subsidi. Kartu ini merupakan uang elektronik.

"Jadi kalau harga (elpiji ) Rp16 ribu, seluruh Indonesia Rp 16 ribu. Tapi harus pakai kartu," ungkap Wiratmaja.(Pew/Nrm)

‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini