Sukses

WTO Siap Kerja Sama dengan Donald Trump

WTO menilai kepemimpinan AS dalam ekonomi global dan sistem perdagangan multilateral tetap penting.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Roberto Azevedo mengapresiasi terpilihnya Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Ia menambahkan, WTO siap bekerja sama  dengan Donald Trump itu, yang secara resmi akan memangku jabatan sebagai Presiden AS pada Januari 2017.

"Kami siap untuk mendukung pemerintahan (Trump) guna meastikan perdagangan adalah elemen positif dalam strategi baru untuk pembangunan dan penciptaan lapangan kerja," ujar dia seperti dikutip dari laman Antara, Kamis (10/11/2016).

Ini dilatarbelakangi Trump yang mengancam untuk meninggalkan WTO pada Juli 2016, selama kampanye pemilu yang sangat bernada pedas. Taipan bisnis berusia 70 tahun itu menentang lawannya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton.

Trump telah mengancam menarik Amerika Serikat keluar dari WTO jika proposalnya tentang pemberian sanksi terhadap perusahaan-perusahaan AS yang pindah ke luar negeri dihalangi.

Trump juga menyebutkan kalau WTO dan kesepakatan-kesepakatan perdagangan yang ada "sebuah bencana" dalam wawancara.

 "Kepemimpinan AS dalam ekonomi global dan sistem perdagangan multilateral tetap penting,"" ujar Azevedo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.