Sukses

Ingin Berhenti Gunakan Kartu Kredit? Simak Tips Ini

Memberhentikan penggunaan kartu kredit sah saja untuk dilakukan. Akan tetapi ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda para pekerja yang memiliki kartu kredit tentunya pasti sudah merasakan banyak manfaat yang diberikan dari kartu tersebut.

Selain dapat membantu Anda untuk membayar suatu barang tanpa harus membelinya secara tunai, biasanya barang-barang yang dibeli dengan cara kredit mendapatkan diskon tertentu.

Meskipun begitu, karena berbagai macam sebab ada pula orang yang tidak ingin melanjutkan menggunakan kartu kredit lagi.

Biasanya orang-orang seperti ini tidak ingin terikat hutang karena kondisi ekonominya yang sedang tidak baik atau memang karena alasan pribadi.

Memberhentikan penggunaan kartu kredit sebenarnya sah-sah saja untuk dilakukan dan yang terpenting Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini seperti dikutip dari www.cermati.com, Senin (3/10/2016):

1. Habiskan Bonus Point Reward Dari Kartu Kredit Anda

Karena sifatnya yang bisa hangus maka akan sangat  disayangkan jika point reward seperti ini tidak Anda manfaatkan.

Misalnya, untuk kartu kredit BCA. Anda bisa memanfaatkan point reward untuk berbelanja di Carrefour, Ace Hardware, Gramedia, dan merchant lainnya yang memiliki tanda Reward BCA di setiap gerai.

Untuk menggunakan point reward ini cukup mudah , yaitu Anda hanya tinggal mengatakan kepada petugas dari setiap merchant apabila anda ingin berbelanja dengan menggunakan point reward tersebut.

Nantinya jumlah belanjaan yang anda miliki akan dipotong  dengan saldo point reward yang terdapat dalam kartu kredit BCA anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Putuskan Segal Bentuk Transaksi Kartu Kredit


2. Putuskan Segala Bentuk Transaksi dari Kartu Kredit yang Akan Anda Tutup

Jika biasanya Anda selalu membayar berbagai macam tagihan dengan kartu kredit yang dimiliki dan ingin segera Anda tutup, alihkan pembayaran tersebut ke fasilitas pembayaran lainnya entah itu berupa kartu debet ataupun secara kas.

Karena jika tidak, secara otomatis sistem akan tetap membaca pembayaran Anda dari kartu kredit lama sehingga dikhawatirkan Anda dianggap belum membayar sehingga ujung-ujungnya akan repot untuk mengurus hal tersebut nantinya.

3. Perhatikan Masalah Biaya Tahunan Kartu Kredit

Biaya Tahunan (annual fee) kartu kredit merupakan biaya yang dibebankan kepada pemegang kartu kredit untuk dibayar setiap tahunnya.

Setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda  tentang biaya tahunan ini. Bahkan ada pula bank yang memberikan kebebasan nasabah dari pembayaran kartu kredit ini.

Seperti kartu kredit BCA yang menggratiskan iuran bulanan bagi  pemegang kartu kredit dengan syarat pembelanjaan bulanan maksimal 30 persen dari limit kartu kredit anda setiap bulan.

4. Lunasi Seluruh Tagihan

Tidak dipungkiri jika Anda ingin menutup kartu kredit yang Anda miliki tentunya hal wajib yang harus anda lakukan adalah melunasi sisa tagihan yang ada dalam kartu kredit anda beserta bunganya jika ada.

Akan mudah melunasi apabila anda hanya memiliki satu kartu  kredit karena Anda hanya perlu fokus melunasi seluruh tagihan yang ada dalam kartu kredit tersebut.

Namun, jika Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit, anda bisa menetapkan prioritas mana yang lebih dulu anda lunasi. Biasanya, yang paling baik adalah  melunasi kartu kredit yang memiliki bunga tertinggi dari semua kartu kredit yang anda miliki.

3 dari 3 halaman

Ikuti Prosedur Pihak Bank

5. Simpan Bukti Tertulis Ketika Menutup Kartu Kredit

Ketika Anda sudah menutup kartu kredit yang dimiliki, haram hukumnya membuang bukti tertulis  Anda sudah menutup kartu kredit yang dimiliki.

Hal tersebut untuk jaga-jaga apabila ada tagihan yang muncul secara tidak terduga pada bulan berikutnya dan tentunya Anda akan memiliki posisi yang kuat untuk memprotes pihak Bank atas tagihan yang muncul tersebut.

6. Selalu Mengikuti Prosedur Yang Dibuat Pihak Bank

Menutup kartu kredit tidak akan sesulit yang Anda bayangkan apabila Anda mengikuti prosedur secara benar.

Memang, untuk mengikuti prosedur tersebut mungkin kita merasa agak sedikit dipersulit tapi jika Anda telah merasa mengikuti prosedur penutupan kartu kredit dengan benar, maka Anda bisa memprotes pada pihak Bank apabila hak anda sebagai pemegang kartu kredit tidak dituruti oleh Bank tersebut.

Bagaimana? tidak sulit bukan. Hal yang lebih penting untuk diperhatikan adalah kesabaran dan ketelitian anda dalam proses penutupan kartu kredit agar hak Anda untuk menutup kartu kredit yang Anda miliki bisa berjalan dengan baik dan lancar. (Ahm/Ndw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.