Sukses

Ini yang Bikin Rupiah Sempat Melemah di Agustus

ada pertengahan September rupiah menguat 0,8 persen.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) mencatat rupiah sempat melemah secara rata-rata 0,39 persen ke level 13.163 per dolar Amerika Serikat (AS) pada Agustus.
 
Pelemahan ini dipicu sentimen eksternal terutama terkait wacana kenaikan suku bunga acuan oleh Bank Sentral AS atau The Federal Reserrve (The Fed).
 
Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, wacana kenaikan suku bunga The Fed membuat permintaan akan dolar semakin meningkat. Alhasil, hal tersebut membuat nilai tukar rupiah melemah.

"Pelemahan nilai tukar rupiah lebih dipengaruhi oleh sentimen eksternal terkait timing kenaikan Fed Fund Rate (FFR) pasca FOMC minutes Juli 2016," kata dia di Kantor Pusat BI Jakarta, Kamis (22/9/2016).
 
Namun, pelemahan [nilai tukar rupiah]( 2604049 "") terhenti. Pada pertengahan September rupiah menguat 0,8 persen.
 
"Penguatan tersebut didorong oleh meningkatnya aliran modal asing, seiring dengan meredanya sentimen terkait timing kenaikan FFR pada September 2016 dan berlanjutnya implementasi UU Pengampunan Pajak," jelas dia.
 
Agus menegaskan, BI akan menjaga rupiah agar terus stabil. "Ke depan, BI akan tetap menjaga stabilitas nilai tukar rupiah sesuai dengan nilai fundamentalnya," tutup dia.(Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini