Sukses

Cara PLN Terangi 3 Pulau Terluar Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - PLN Wilayah Kepulauan Riau akan membangun infrastruktur kelistrikan untuk tiga pulau terluar Natuna, yakni Pulau Laut, Pulau Subi dan Pulau Tiga, di Kabupaten Natuna.

General Manager PLN Wilayah Riau dan Kepri Feby Joko Priharto mengatakan,‎ untuk tahap pertama pembangunan infrastruktur kelistrikan di tiga pulau tersebut masing-masing dengan kapasitas 400 kiloVolt Ampere (kVA), dengan asumsi akan mengalirkan listrik kepada sekitar 400 kepala keluarga. Rencananya akan ada pembangunan tahap 2 dan 3 dengan total kapasitas masing-masing pulau hingga 1.200 Kilo Watt (KW) dengan target selesai pada pertengahan Oktober.

"Untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan listrik di pulau tersebut, selain mendatangkan infrastruktur kelistrikan, PLN juga mengerahkan lebih dari 50 orang pekerja untuk penyelesaian infrastruktur kelistrikan," kata Feby, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis (25/8/2016).

‎Infrastruktur kelistrikan ini meliputi mesin pembangkit listrik, trafo daya, cubicle, trafo distribusi, tiang listrik, isolator, kawat tegangan menengah dan tegangan rendah, kWH meter, serta seluruh peralatan pendukung serta peralatan kerja. Infrastruktur tersebut telah dikirim hari ini.

Pengiriman infrastruktur kelistrikan ini penting guna memenuhi kebutuhan listrik di tiga pulau tersebut. Hal ini sejalan dengan program PLN untuk menerangi pulau-pulau terluar Indonesia. Namun untuk mewujudkan itu, PLN perlu dukungan semua pihak.

"Kami sadar pemenuhan kebutuhan listrik tidak bisa ditawar lagi. Untuk itu, PLN akan semaksimal mungkin melakukan upaya untuk melistriki pulau-pulau terluar. Di sini kami membutuhkan dukungan semua pihak agar pembangunan infrastruktur kelistrikan di daerah-daerah tersebut bisa berjalan lancar, sehingga masyarakat bisa segera menikmati listrik" tutur Feby.

Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun, mengapresiasi usaha yang dilakukan PLN untuk melistriki pulau terluar di Natuna. Karena, ‎hadirnya listrik bagi warga sangat penting, guna menggerakkan roda perekonomian.

"Semoga keinginan bersama untuk melistriki tiga pulau (Pulau Laut, Pulau Tiga, dan Pulau Subi) diberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan dasar berupa infrastruktur listrik berjalan dengan lancar," tutup Nurdin.

Tragedi Kabut Asap
Loading