Sukses

Surya Semesta Tawarkan Obligasi Senilai Rp 2 Triliun

PT Surya Semesta Internusa Tbk akan mengeluarkan obligasi Rp 1 triliun pada tahap pertama.

Liputan6.com, Jakarta - PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) menawarkan obligasi berkelanjutan I senilai Rp 2 triliun. Pada tahap pertama, perseroan akan mengeluarkan obligasi Rp 1 triliun.

Mengutip prospektus singkat yang diterbitkan, Senin (15/8/2016), perusahaan bergerak di usaha properti dan pengembangan kawasan industri ini akan menawarkan obligasi atau surat utang dengan dua seri.

Pertama, obligasi seri A berjangka waktu tiga tahun. Kedua, obligasi seri B berjangka waktu lima tahun. Bunga obligasi dibayarkan setiap tiga bulan sesuai tanggal pembayaran bunga obligasi yang bersangkutan.

Perseroan akan menggunakan dana hasil penawaran obligasi sebagian besar untuk pemberian pinjaman ke anak usaha SCS. Pinjaman ini digunakan untuk percepat proses akuisisi tanah di Subang, Jawa Barat.

Sisanya akan digunakan untuk pemberian pinjaman kepada anak usaha  SIH, SAM, dan TCP. Pinjaman itu digunakan untuk keperluan modal kerja.

Adapun obligasi ini dijamin dengan jaminan khusus yaitu tanah di Karawang dan 903 unit satuan rumah susun. Obligasi tersebut telah mendapatkan peringkat A dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Untuk menawarkan obligasi itu, PT Surya Semesta Internusa Tbk dibantu oleh penjamin pelaksana emisi obligasi antara lain PT Indopremier Securities dan PT Mandiri Sekuritas.

Adapun masa penawaran awal obligasi 16-30 Agustus 2016. Diharapkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 13 September 2016. Masa penawaran umum pada 15-19 September 2016, tanggal penjatahan pada 20 September 2016, distribusi obligasi secara elektronik pada 22 September 2016, dan pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 23 September 2016. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini