Sukses

4 Cara Gampang Keluar dari Jeratan Utang

Terjerat utang juga mempersempit ruang gerak Anda dalam mengatur keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Uang cicilan demi membayar utang seringkali menjadi pengeluaran terbesar setiap bulan. Terjerat utang juga mempersempit ruang gerak Anda dalam mengatur keuangan baik pribadi maupun rumah tangga.
 
Meski klasik, tapi gagasan untuk berhemat memang dapat menjadi sumber penghasilan terbaik. Dengan begitu, uang hasil berhemat dapat digunakan untuk menambah dana pelunasan utang.
 
 
Melunasi utang dalam waktu cepat ternyata tak sesulit yang dibayangkan. Dilansir dari laman lifehack.org, Senin (1/8/2016) berikut empat cara mudah keluar dari jeratan utang: 
 
1. Memasak makanan sendiri
 
Demi membayar lunas seluruh utang, tentu Anda juga harus merampingkan berbagai pengeluaran. Salah satunya adalah dengan memasak makanan sendiri.
 
Cara ini diyakini dapat mengurangi pengeluaran secara drastis mengingat harga makanan siap saja selalu jauh lebih mahal dibandingkan masakan sendiri. Tak hanya itu, Anda juga dapat menikmati makanan sehat dengan harga jauh lebih murah.
 
Cara ini dapat membuat perut lebih kenyang, dan tabungan untuk melunasi utang semakin banyak.
 
2. Cari pekerjaan sampingan
 
Lilitan utang biasanya membuat Anda tak bisa merasa tenang. Jika Anda benar-benar harus segera melunasi utang tersebut, sebaiknya temukan pekerjaan sampingan yang bisa menghasilkan lebih banyak uang.
 
Tak hanya itu, Anda juga dapat menawarkan diri untuk lembur. Anda bisa menawarkan jasa menulis, mengajar bahasa Inggris online, mengantar barang dan banyak pekerjaan sampingan lain. Dengan begitu, Anda akan mendapat tambahan uang dan segera melunasi seluruh daftar cicilan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Menjual barang yang sudah tak terpakai
 
Cara lain agar Anda dapat segera melunasi utang adalah dengan menjual barang di rumah yang telah tak terpakai. Banyak orang yang membeli barang hanya untuk dipakai sekali lantas dibiarkan begitu saja.
 
Jika Anda tak begitu membutuhkannya, segera jual saja. Anda bisa menawarkan barang-barang tersebut secara online demi mendapatkan uang dengan cepat.
 
4. Berhenti menggunakan kartu kredit
 
Pangkas seluruh pengeluaran yang tak penting termasuk penggunaan kartu kredit. Itu lantaran kartu kredit memancing Anda untuk berutang dalam jumlah besar dengan bunga yang tak sedikit.(Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini