Sukses

BRI Dukung Pengoptimalan Sistem Samsat Online

Bank BRI perkuat Samsat Online untuk tingkatkan layanan kepada masyarakat.

Liputan6.com, Denpasar PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. kembali mendukung program pemerintah dengan pengoptimalan penerimaan pajak untuk memperkuat Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Online. Samsat Online Nasional merupakan bentuk kerja sama antara Tim Pembina Samsat Nasional--Polri, Kementerian Dalam Negeri, Jasa Raharja--, Pemerintah Provinsi, Bank Pembangunan Daerah, dan Bank Umum Nasional atas pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Program tersebut untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menghadirkan inovasi pelayanan pembayaran penerimaan pajak daerah yang dilakukan secara elektronik melalui jaringan e-channel Bank BRI. Dukungan BRI diresmikan dalam acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Samsat Online Nasional di Hotel Discovery Kartika Plaza, Bali, Kamis (15/11/2018).

“Kerja sama ini merupakan wujud komitmen Bank BRI dalam memberikan layanan perbankan yang profesional dan menyeluruh kepada pemerintah dan masyarakat yang hendak melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor,” ujar Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI, Sis Apik Wijayanto.

Tahun lalu, Samsat Online Nasional telah diimplementasikan di wilayah Jawa dan Bali. Melalui penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut, pengembangan Samsat Online Nasional diperluas hingga wilayah Sumatera, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Selanjutnya, pengembangan layanan Samsat Online Nasional akan dilakukan di seluruh wilayah Indonesia.

 

Melalui layanan Samsat Online Nasional, masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan lebih cepat, praktis, dan murah melalui seluruh jaringan ATM Link Bank BRI dan Internet Banking Bank BRI.

Kerja sama dengan Samsat Online Nasional merupakan hal yang membanggakan, karena artinya BRI dapat berperan aktif mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik, khususnya dalam penerimaan pajak di Indonesia.

Memiliki jaringan tersebar dan terbesar di Indonesia, yang terdiri dari lebih dari 9ribu kantor, 330ribu jaringan e-channel, dan 272 ribu Agen BRILink, Bank BRI dapat memberikan keleluasaan layanan perbankan bagi instansi pemerintah maupun masyarakat luas. Bank BRI berkomitmen untuk senantiasa mendukung penerimaan pajak dan memberikan kemudahan kepada wajib pajak dalam melakukan transaksi pembayaran pajak di pusat maupun di daerah.

“Kami ingin semua lapisan masyarakat dapat menikmati kemudahan pembayaran pajak dan sumbangan wajib dana kecelakaan secara online melalui sistem perbankan BRI,’’ ucap Sis Apik.

Acara yang merupakan bagian dari rangkaian Rapat Koordinasi Tim Pembina Samsat tingkat Nasional T.A. 2018 tersebut turut dihadiri oleh Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal Pol Tito Karnavian, serta Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan RI Heru Pambudi.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini