Sukses

BPJT Imbau Pemudik Lewat Jalur Pantura untuk Tekan Kemacetan

Tol Cipali diperkirakan menjadi jalur utama arus mudik dan balik pada 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) mengimbau sebagian pemudik untuk memanfaatkan jalan nasional seperti jalur Pantura. Hal itu guna menekan tingkat kemacetan kendaraan di gerbang dan ruas tol Cipali saat arus balik mudik Lebaran.

Kepala BPJT Herry Trisaputra Zuna mengatakan, tol Cipali memang menjadi jalur utama arus mudik dan juga diprediksi untuk arus balik pada mudik tahun ini. Hal ini terlihat dari kepadatan kendaraan pada ruas tol tersebut saat arus mudik lalu.

"Cipali memang tetap menjadi tumpuan untuk arus mudik, bagian dari jalur mudik. Dia tulang punggungnya," ujar dia di Jakarta, seperti ditulis Kamis (7/6/2016).

Namun demikian, jika semua pemudik menggunakan ruas tol saat arus balik nanti, dikhawatirkan akan terjadi kemacetan yang sama seperti arus mudik lalu. Oleh sebab itu menurut dia, pemudik bisa memanfaatkan jalan nasional non-tol untuk mengurangi tingkat kemacetan ini.

"Harus juga dipahami, kita punya jalan nasional di Pantura. Karena kalau semua menggunakan ruang yang sama (lewat jalan tol), tetap saja macet. Tinggal berbagi, tidak semua di jalan tol," kata dia.

Selain itu, lanjut Herry, dengan menggunakan jalan nasional, maka pemudik bisa berhenti di tempat-tempat wisata. Dengan demikian, saat arus balik bisa juga dimanfaatkan pemudik untuk berekreasi ke tempat wisata tersebut.

"Ini juga sekalian liburan. Kalau liburan, mungkin sambil jalan-jalan pakai jalan nasion‎al juga enak‎," kata dia. (Dny/Ahm)

*Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini