Sukses

Konsumsi Elpiji Diprediksi Naik 9 Persen Jelang Lebaran

Kenaikan tersebut diperkirakan terjadi pada rentang waktu H-15 hingga H+15 Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) memprediksi konsumsi produk gas seperti Elpiji, Bright Gas dan Ease Gas akan mengalami kenaikan sebesar 9 persen pada musim lebaran. Kenaikan tersebut diperkirakan terjadi pada rentang waktu H-15 hingga H+15 Lebaran.

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, pada saat normal, pemakaian rata-rata harian LPG sebesar 20.866 metrik ton (MT). Sedangkan pada jelang Lebaran, pemakaiannya diperkirakan akan naik menjadi 22.622 MT.

"Kita lihat, secara total ‎(naik) menjadi 22.622 MT. Karena akan ada peak demand, kira-kira pada H-9 sampai H-2 Lebaran," ujar dia di Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Untuk mengantisipasi lonjakan pemakaian produk LPG-nya, Pertamina akan melakukan penambahan pasokan sekitar 5 persen-15 persen. Penambahan pasokan produk LPG Pertamina akan difokuskan pada daerah-daerah yang diperkirakan terjadi peningkatan permintaan, seperti di wilayah Jawa.

‎"Produk LPG, ketahanan stoknya kita siapkan 17 hari. Stok yang kita siapkan sebesar 326.802 MT," kata dia.

Selain itu, Pertamina juga akan menambah waktu operasional depot, SPPBE dan agen agar masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan Elpiji 3 kg dan Elpiji 12 kg.

"Pertamina telah menunjuk agen dan pengkalan siaga LPG dengan memaksimalkan SPBU dan modern retail outlet, serta berkoordinasi dengan Hiswana Migas dan instansi setempat untuk ketertiban harga jual dan penyediaan kebutuhan produk LPG," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini