Sukses

Total Transaksi 255 M Telah Dibukukan Keuangan Syariah Fair 2016

Keuangan Syariah Fair pertama kalinya digelar oleh Otoritas Jasa Keuangan mendapat kesan positif dan mencatat total transaksi sebesar 255 M.

Liputan6.com, Jakarta Keuangan Syariah Fair di Jakarta ini baru pertama kali digelar. Dibuat dengan format pameran (expo) industri keuangan syariah, dengan peserta dari industri keuangan syariah, antara lain: Bank Syariah, Pasar Modal Syariah, lndusti Keuangan Non—Bank (IKNB) Syariah dan sektor riil yang akan memberikan edukasi langsung kepada masyarakat tentang keunggulan produk dan jasa Keuangan syariah yang sudah sama bagusnya, sama lengkapnya, dan sama modernnya layaknya produk jasa keuangan konvensional.

Rangkaian KSF Jakarta diikuti oleh 41 perusahaan keuangan syariah yang terdiri dari 21 perbankan syariah, 10 industri pasar modal syariah dan 10 IKNB syariah. Acara yang diselenggarakan selama empat hari di Piazza, Gandaria City, Jakarta ini ditujukan untuk mengkampanyekan ‘Aku Cinta Keuangan Syariah’.

Kampanye tersebut bertujuan agar masyarakat bisa semakin mengenal dan terus merasa dekat dengan produk dan jasa layanan keuangan syariah. Selain itu, kampanye ini juga bertujuan untuk menggenjot pertumbuhan Industri syariah secara umum.

"Program sosialisasi dan edukasi publik mengenai produk dan jasa layanan syariah harus terus menerus dilakukan salah satunya melalui kegiatan Keuangan Syariah Fair sebagai bagian dari kampanye Aku Cinta Keuangan Syariah," tutur Edi Setiadi, selaku Deputi Komisioner Pengawasan Industri Keuangan Non Bank Syariah, Otoritas Jasa Keuangan.

Nantinya, Program Aku Cinta Keuangan Syariah akan berfungsi sebagai sarana untuk memperoleh informasi tentang keunggulan produk dan jasa keuangan syariah, Serta memberikan pengalaman langsung kepada masyarakat untuk berinteraksi dengan lembaga-lembaga keuangan syariah terkemuka di Indonesia.

Pada pembukaan acara Keuangan Syariah Fair secara resmi diluncurkan berbagai produk dan layanan syariah antara lain:
1. Launching Buku Standar Produk Perbankan Syariah (Produk Murabahah dan Produk Musyarakah termasuk Musyarakah Mutanaqisah)
2. Launching Working Group SiKOMPAK SYARIAH (Sinergi Komunikasi dan Pemasaran Keuangan Syariah)

Dalam penutupan acara KSF 2016 ini Perbankan Syariah membukukan total transaksi IDR 255,009,746,000 sedangkan untuk Non Bank membukukan 171 No.A, demikian disampaikan oleh Sahala Silitonga, selaku Ketua Panitia Keuangan Syariah Fair Jakarta 2016.

Dengan suksesnya acara Keuangan Syariah Fair 2016 yang baru pertama kali digelar ini, OJK berserta para pelaku industri keuangan syariah akan melanjutkan rangakaian kegiatan KSF ke kota kota lain di Indonesia, antara lain Padang dan Aceh.

 

 

(Adv/HA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini