Sukses

Kerja Cuma 5 Jam per Hari, Karyawan Lebih Produktif

Waktu kerja yang selama lima jam ternyata dapat meningkatkan produktifitas karyawan.

Liputan6.com, Jakarta - Waktu kerja yang selama lima jam ternyata dapat meningkatkan produktifitas dari sebuah perusahaan.  Menurut artikel yang dilansir dari laman Lifehack.org,  Rabu (2/3/2016), selain mengurangi tingkat stres, kerja hanya selama lima jam dalam sehari juga bisa membuat karyawan meningkatkan kualitas kerjanya.

Berikut beberapa alasan lainnya:

1. Lebih banyak waktu untuk istirahat

Energi adalah hal yang paling penting yang bisa dimiliki oleh para pekerja. Lima jam kerja adalah waktu yang pas untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa harus memforsir tenaga dan kelelahan.

2. Ada waktu untuk fokus ke hal lain

Fokus ke hal yang harus Anda kerjakan dan bukan hal yang Anda inginkan akan menjadi mindset yang lebih baik. Lima jam kerja akan membuat para karyawan fokus akan hal yang dikerjakan sehingga membuat mereka lebih produktif karena mereka hanya fokus akan satu hal yang memang harus diselesaikan.

3. Semua orang akan punya prioritas

Prioritas para pekerja adalah mengerjakan apa yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan bukan menyelesaikannya bersamaan.

Prioritas adalah kunci dari produktifitas sehingga sangat diperlukan di banyak hal. Kerjakan mana yang harus selesai terlebih dahulu dan buatlah list kalau perlu.

4. Lebih sedikit tekanan untuk pimpinan dan karyawan

Tekanan atau stres adalah sesuatu yang dapat membunuh kualitas dan produktifitas. Stres pada jumlah yang tepat dapat berakibat baik. Tapi jika terlalu banyak dampaknya akan sangat berbahaya untuk kesehatan baik tubuh atau dunia kerja Anda.

Bekerja dengan jumlah jam yang pas tentu akan sangat mengurangi tekanan, karena karyawan akan dituntut untuk bisa lebih menghargai waktu kerjanya sehingga bisa lebih produktif dan efisien, berkurangnya tekanan ini tidak pada karyawan saja melainkan juga pada level pimpinan.

5. Kualitas kerja yang lebih baik akan terbentuk

Lima jam kerja adalah waktu yang sangat sempurna. Pada level pimpinan atau karyawan, bisa menghasilkan hasil kerja yang lebih berkualitas sehingga lebih sedikit waktu yang dihabiskan di kantor atau di ruangan kerja.

6. Para karyawan akan lebih serius bekerja

Daripada menghabiskan waktu dalam sehari yang sangat panjang dengan bersenda gurau di tempat kerja, para pekerja ini akan lebih bisa serius dan bekerja fokus karena mereka tahu waktu nya tidaklah banyak.

Waktu kerja yang terlalu lama akan membuat para pekerja menunda pekerjaannya dan mencari alasan untuk bisa mengulur waktu lebih lama menyelesaikan pekerjaan dengan alasan masih banyak waktu.

7. Pekerja mengerjakan sesuatu sesuai tugasnya

Produktif dan efisien bisa dicapai dengan alokasi waktu kerja yang tepat, jadi daripada menyelesaikan semua bersamaan dengan resiko kesalahan lebih banyak, akan lebih baik jika menyelesaikan satu pekerjaan yang memang sudah seharusnya dikerjakan terlebih dahulu.

Dan hal ini terjadi di waktu lima jam kerja,dan efeknya juga menguntungkan buat karyawan atau pimpinan. Kenapa? Karena tidak ada waktu yang terbuang percuma dan para pekerja akan selalu fokus pada apa yang dibebankan kepadanya. (Tia/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini