Sukses

Cek Tips Jitu Kelola Uang dengan Baik di Usia 30-an

Ungkapan hidup dimulai pada usia 30 tahun mungkin ada benarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ungkapan hidup dimulai pada usia 30 tahun mungkin ada benarnya. Saat memasuki usia 30 tahun, orang mulai mantap dalam menjalani karir, selain itu di usia ini juga banyak yang memutuskan untuk menikah dan memiliki anak.

Berdasarkan situs usnews.com, usia 30-an juga memiliki tantangan sendiri khususnya keuangan dan seiring dengan tantangan tersebut kemungkinan terjadinya kesalahan dalam mengelola keuangan.

Berikut 5 Kesalahan Keuangan Yang Harus Dihindari

1. Fokus pada tabungan anak daripada tabungan masa pensiun

Saat Anda berusia 30-an dan memiliki anak, maka Anda berusaha sebisa mungkin untuk menyiapkan pendidikan yang terbaik bagi anak Anda. Namun, yang menjadi masalah adalah saat Anda menyiapkan tabungan pendidikan anak, mayoritas uang tersebut diambil dari tabungan pensiun. Hal tersebut justru akan memberikan beban finansial pada anak Anda jika sebagai orang tua Anda tidak memiliki dana pensiun yang mencukupi.

2. Menghindari Diskusi Tentang Uang Sebelum dan Selama Menikah

Membicarakan soal uang dengan pasangan mungkin jadi hal yang tidak nyaman, karena bisa membuka kebiasaan yang bersifat pribadi. Nyatanya, saat menikah kondisi keuangan menjadi masalah bersama dan yang terjadi pada keuangan seseorang akan berdampak pada kehidupan saat berumah tangga. Oleh karena itu, untuk menghindari kejadian yang tidak inginkan sebaiknya Anda dan pasangan perlu berdiskusi dan membuat target keuangan di masa mendatang.

3. Tidak memiliki atau Mengurangi Tabungan Pensiun dan Asuransi Jiwa

Di usia produktif keinginan untuk membeli barang seperti rumah dan keperluan bayi tinggi dan Anda cenderung tidak memprioritaskan tabungan pensiun atau asuransi jiwa. Namun, tabungan tersebut justru penting untuk jangka panjang khususnya jaminan bagi orang-orang yang Anda sayangi. Asuransi jiwa bertujuan agar pasangan dan anak Anda tidak mengalami kesulitan jika Anda meninggal. Sementara dana pensiun bertujuan kelak masa pensiun tiba, Anda masih memiliki stabilitas keuangan.

4. Menghamburkan Uang Pada Mobil dan Rumah

Saat pendapatan dirasa sudah stabil dan tinggi untuk pertama kalinya dalam hidup Anda, maka godaan untuk menaikkan standar gaya hidup sangat tinggi. Hal tersebut dilakukan oleh banyak orang dengan cara mengambil kredit. Namun, hal tersebut merupakan kesalahan besar, pertama Anda harus memastikan jika keuangan ada di level aman dan tidak memiliki kredit lain.

5. Berasumsi Jika Anda Memiliki Cukup Uang di Masa Mendatang

Selama usia 30-an Anda sering mulai merasa aman dalam karir Anda, dan keamanan yang dapat bermanifestasi sebagai rasa keniscayaan terkait gaji tinggi di bidang pekerjaan yang Anda jalani.

Masalahnya adalah bahwa tidak ada jaminan bagi masa depan. Banyak hal bisa terjadi, misalnya perubahan di pasar atau kesalahan pada pekerjaan Anda. Jika Anda sudah mulai menghabiskan "uang masa depan" Anda, berarti Anda mengambil utang. Oleh karena itu, hindari utang dan belanjakan uang Anda sesuai dengan kemampuan. (Elok/Zul)

 

Reporter: Elok Riani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini