Sukses

Kemenkumham Beri Penghargaan Kekayaan Intelektual 2015

Kemenkumham menggelar perayaan Hari Kekayaan Intelektual Tahun 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia [(Kemenkumham)](2353302 ''") menggelar perayaan Hari Kekayaan Intelektual Tahun 2015 dengan tema Saatnya Tidak Membeli Barang Palsu dan Bajakan.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan seiring dengan perkembangan kekayaan intelektual, baik secara nasional maupun internasional, kekayaan intelektual merupakan sebuah kekuatan yang dapat digunakan untuk mensejahterakan masyarakat.

"Telah banyak karya-karya intelektual bangsa Indonesia yang memiliki hasil yang membanggakan, baik secara nasional maupun internasional, seperti invensi bidang teknologi, karya lagu, pertunjukan musik, karya kreatif, dan lain-lain dari para pelaku ekonomi kreatif," ujarnya di Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Jumat (30/10/2015).

Selain itu, Indonesia juga dikenal sebagai negara mega-diversity dengan keragaman budaya dan sumber daya alami. Dari sisi sumber daya alami, ujar Yasonna, banyak produk daerah yang telah lama dikenal dan mendapatkan tempat di pasar internasional, sehingga memiliki nilai ekonomi tinggi seperti Java Coffe, Gayo Coffe, Tembakau Deli, Lada Muntok, dan lain-lain.

"Dengan memberikan perlindungan hukum kepada produk indikasi geografis tersebut, akan meningkatkan performa produk dan melindungi komoditas tersebut dari praktik persaingan curang dalam perdagangan," kata dia.

Dalam ajang ini, Kemenkumham memberikan sejumlah penghargaan, baik organisasi, perusahaan, maupun perorangan yang dinilai memberikan kontribusi pada perkembangan karya-karya intelektual di dalam negeri.

Berikut daftar penerima penghargaan kekayaan intelektual dari Kemenkumham:

Penghargaan Internasional (WIPO Awards) dan Penghargaan Nasional Kekayaan Intelektual

1. Medal for Inventors: Prof Yusuf Misbach
2. Medal for Creativity: Afgansyah Reza
3. IP Enterprise Trophy: PT Sri Rejeki Isman Tbk
4. Schoolchildren's Trophy: SD Muhammadyah 04 Pucang, Surabaya

Penghargaan Anugerah Nasional Kekayaan Tahun 2015:

1. Insan Kreatif Bidang Musik: Benny Pandjaitan
2. Musikus Kontemporer: Viky Sianipar
3. Perusahaan Bidang Kuliner: Brownies Amanda
4. Perusahaan Bidang Fesyen: The Executive
5. Performer: Vina Panduwinata
6. Insan Kreatif Bidang Ekonomi Kreatif: Prof Suyanto
7. Penari: Mila Rosinta Totoatmodjo
8. Software: Halalminds
9. Perusahaan Bidang Software: PT Kuassa Teknika
10. Pusat Perdagangan Bebas Bajakan dan Merek Palsu: PT Indomarco Rismatama (Indomaret)

(Dny/Ndw)**

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini