Sukses

Gara-gara Asap, Penjualan Tiket Pesawat Turun 80% di Jambi

Bandara Sultan Thaha Jambi lumpuh membuat masyarakat beralih ke bandara Sultan Mahmud Badarudin II, Palembang.

Liputan6.com, Jambi - Kabut asap yang menyelimuti Provinsi Jambi selama tiga bulan terakhir benar-benar memukul bisnis tiket pesawat di daerah itu. Akibat Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi lumpuh dua bulan terakhir, banyak pengusaha memilih tutup karena tiket pesawat tidak laku.

Ketua Association Of The Indonesia Tour and Travel (Asita) Provinsi Jambi, Ade Rosmala Dewi menyatakan, penjualan tiket pesawat di daerahnya menurun drastis hingga 80 persen lebih akibat terkungkung asap.

"Itu laporan dari anggota di Jambi. Bahkan ada yang tidak berjualan sama sekali," ujar Ade di Jambi, Kamis (22/10/2015).

Ia menuturkan, kabut asap di Jambi benar-benar telah memukul bisnis perjalanan di Jambi. Mengingat bisnis tersebut amat tergantung dengan kondisi penerbangan. Akibat pekatnya kabut asap, membuat rute penerbangan di Jambi mengalami gangguan dan bahkan sampai saat ini Bandara Sultan Thaha masih lumpuh total.

"Tahun ini gangguan asapnya sangat lama, tahun sebelumnya ada asap, tapi tidak selama dan separah sekarang," kata Ade.

Ia menambahkan, lumpuhnya Bandara Sultan Thaha Jambi membuat penumpang dari Jambi beralih ke Bandara Sultan Mahmud Badarudin II, Palembang, Sumatra Selatan setelah menempuh jalur darat sekitar 7 jam dari Jambi.

Meski penjualan tiket turun, Ade menyatakan belum menerima laporan adanya pemberhentian karyawan agen tour dan travel. "Biasanya, karyawan diberikan bonus dari hasil penjualan tiket. Namun karena gangguan asap, tiket tak terjual, karyawan saat ini hanya diberikan gaji pokoknya saja. Sampai saat ini belum ada pemilik memberhentikan karyawannya," pungkas Ade. (Bangun Santoso/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.