Sukses

Setahun Jokowi-JK, Mentan Klaim Tak Ada Impor Beras

Sampai saat ini Indonesia masih memiliki stok beras 1,7 ton yang berada di Gudang Bulog

Liputan6.com, Jakarta - Telah 365 hari Presiden RI Joko Widodo bersama dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memimpin negara ini dengan Kabinet Kerjanya. Meski dihadapkan pada kondisi pelemahan ekonomi, bukan berarti pemerintah tidak ada prestasi yang patut untuk dibanggakan.

Salah satu hal yang patut untuk diapresiasi adalah dalam satu tahun kinerja Jokowi-JK, Indonesia sudah tidak ada lagi impor beras. Dengan demikian, swasembada beras terwujud pada satu tahun masa kepemimpinannya.

"Tidak ada impor ini dikasih jelas selama 1 tahun, stok sekarang relatif sama di Bulog dengan tahun lalu, tahun lalu impor 800 ribu ton, artinya menunjukkan kinerja kita," kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Makassar, Rabu (21/10/2015).

Apa yang dicapai oleh Menteri Pertanian ini diluar prediksi dari yang ditargetkan Presiden Jokowi yaitu tidak lagi impor beras dalam kurun waktu tiga tahun.

Dikatakan Amran, sampai saat ini Indonesia masih memiliki stok beras 1,7 ton yang berada di Gudang Bulog, dan masih akan ada panen-panen padi hingga akhir tahun, terutama di wilayah Indonesia di bagian utara garis katulistiwa.

Mengapa di bagian utara katulistiwa? Amran menjelaskan saat ini wilayah selatan Indonesia tengah di landa El Nino yang cenderung memberikan efek kekeringan, sehingga petani tidak bisa panen.

"Dari kinerja kami yang mampu kendalikan impor, negara bisa hemat Rp 52 triliun devisa," tegas Amran.

Dengan apa yang sudah dicapai tersebut bukan berarti tidak ada pekerjaan rumah bagi Amran. Mengoptimalkan berbagai lahan di seluruh Indonesia untuk meningkatkan stok beras akan terus dilakukan Amran.

Selain itu meningkatkan produksi jenis pangan lainnya seperti jagung, bawang merah, cabai juga masih menjadi prioritas Amran dalam masa jabatannya hingga 2019. (Yas/Gdn)‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.