Sukses

Presiden Jokowi Buka Trade Expo Indonesia 2015

Pemerintah menyadari pentingnya peranan usaha baik skala mikro, kecil, menengah dan besar dalam mendorong ekspor produk lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menggelar pameran produk-produk asal Indonesia, Trade Expo Indonesia (TEI) 2015. Pameran tersebut dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Perdagangan Thomas Lembong yang mendampingi Jokowi, mengatakan, di tengah anjloknya harga komoditas di pasar dunia, maka menjadi kesempatan bagi produk-produk dari industri hilir di dalam negeri untuk unjuk gigi dengan meningkatkan volume ekspornya.

"Saat ini yang kami rasakan di Indonesia yaitu anjlokya harga komoditas. Artinya penjualan ekspor mentah tidak lagi menghasilkan devisa sebesar seperti sebelumnya. Negara saat ini semakin mengadalkan barang jasa. Oleh sebab itu, bapak dan ibu (pengusaha) sudah menjadi pahlawan devisa," ujarnya di JIExpo, Kemayoran, Rabu (21/10/2015).

Dia menjelaskan, pemerintah menyadari pentingnya peranan usaha baik skala mikro, kecil, menengah dan besar dalam mendorong ekspor produk lokal. Oleh sebab itu, pemerintah telah mengeluarkan beragam kebijakan untuk memberikan kemudahan bagi pelaku usaha.

"Pemerintah sadari pentingnya peranan bapak ibu sekalian. Maka dari itu, ini pentingnya program debirokrasi, deregulasi dan lain sebagainya. Pemerintah komitmen memperlancar niaga perdagangan. Tentu masih banyak PR. Tetapi kami sampaikna terimakasih sedalam-dalamnya," kata dia.

Selain itu, Thomas juga memberikan apresiasi kepada pihak pemerintah yang selama ini juga telah mendukung berjalannya perdagangan Indonesia dengan negara lain, seperti Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perindustrian. Ke depannya, diharapkan koordinasi antar kementerian terkait semakin erat untuk mendorong peningkatan ekspor Indonesia.

"Dalam berbagai kegiatan perdagangan internasional, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Perdagangan selalu bisa kerjasama. Saya ucapkan terima kasih untuk itu," tandasnya.

Ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2015 tahunan ini juga hadir Menteri Perindustrian Saleh Husin, perwakilan sejumlah negara serta para pembeli baik domestik maupun internasional.

Pameran ini diselenggarakan di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 21-25 Oktober 2015. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.