Sukses

Iwatani Minta Polisi Transparan Soal Kasus Kebakaran PT Mandom

IIGI hanya bertugas memindahkan tangki dan memasang pipa dan sudah ada berita acara serah terima dari IIGI kepada PT Mandom.

Liputan6.com, Jakarta - PT Iwatani Industrial Gas Indonesia (IIGI) sebagai mitra kerja PT Mandom Indonesia Tbk meminta kepada pihak kepolisian untuk mengedepankan transparansi dalam penyelidikan penyebab kebakaran pabrik PT Mandom Indonesia beberapa waktu lalu.

Kuasa Hukum IIGI‎, Luthfi Yazid menjelaskan, transparansi tersebut terutama terkait penahanannya dua karyawan IIGI yang dinyatakan sebagai orang yang bertanggung jawab akibat kebakaran yang memakan 28 krorban jiwa.

"Kami mendesak agar aparat kepolisian melakukan penyidikan secara profesional, akuntabel dan transparan terhadap kasus ini mengingat jumlah korban yang meninggal mencapai 28 jiwa. Bukan karena adanya tekanan publik atau yang lainnya, namun karena memang sudah menjadi tanggungjawab aparat kepolisian selaku penyidik‎," kata Luthfi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/10/2015).

‎Dijelaskannya cakupan pekerjaan IIGI hanya pada pengangkutan dua unit tangki lama dan satu unit tangki baru serta pemasangan pipa, tidak termasuk pemasangan selang (flexible hose). Sementara polisi telah menyimpulkan bahwa penyebab kebakaran adalah karena pemasangan selang (flexible hose), sehingga staf IIGI yang diduga memasang yang telah dijadikan tersangka.

Luthfi menambahkan, IIGI hanya bertugas memindahkan tangki dan memasang pipa dan sudah ada berita acara serah terima dari IIGI kepada PT Mandom Indonesia Tbk. Serta telah dilakukan pengetesan nitrogen, dan telah dinyatakan bahwa pengetesan tersebut sudah 'good and no leak' dan terhadap pipa juga telah dilakukan pengecekan secara teliti dengan menggunakan test x-ray. Setelah itu, seluruh sistem, telah diserah terimakan kepada PT Mandom Indonesia Tbk.

‎"IIGI siap untuk memberikan keterangan secara scientific termasuk menghadirkan ahli di bidang gas, pipa, selang (flexible hose) dan hal-hal lain yang terkait agar kasus ini tidak menjadi spekulasi yang dapat merugikan," jelas Luthfi.

‎Sebelumnya, Aparat Polda Metro Jaya menetapkan dua orang berinisial AH dan ST sebagai tersangka dalam kasus kebakaran PT Mandom Indonesia, di Jalan Irian, Blok PP, Kawasan Industri MM 2100, Kecamatan Cikarang, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Kedua orang tersebut merupakan Supervisor dan General Manager PT Iwatani Industri Gas Indonesia (IIGI).

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Krishna Murti menjelaskan, penetapan status tersangka lantaran keduanya merupakan karyawan PT IIGI yang diketahui sebagai perusahaan rekanan PT Mandom. PT IGII dipercayakan untuk mengerjakan proyek instalasi pipa gas LPG di ruang produksi Deodorant Parfum Spray (DPS) milik PT Mandom Indonesia Tbk. "Salah satu dari dua orang tersebut adalah warga negara Jepang," kata Krishna. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini