Sukses

Operator Kelas Dunia Jajaki Pengembangan Pelabuhan Siapi-api

Pemerintah ingin memanfaatkan kemajuan teknologi dari Dubai Port Authority Corporation untuk pelabuhan Tanjung Siapi-api.

Liputan6.com, Jakarta - Operator pelabuhan Dubai Port Authority Corporation melakukan penjajakan rencana investasi pengembangan kawasan industri dan Pelabuhan Tanjung Siapi-api Sumatera Selatan.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan, pihak Dubai Port Authority Corporation telah melakukan pertemuan dengan berbagai instansi yang terkait dengan pengembangan pelabuhan tersebut.Setelah melakukan pertemuan pada Senin (12/10/2015), dilanjutkan dengan diskusi mematangkan kerja sama.

"Jadi, mereka masih berdiskusi, saat ini dari Pemda Sumsel dan Dubai Port, Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri dan dari Bappenas juga ada," kata Sudirman, di ASEAN Center for Energy, Jakarta, Senin pekan ini.

Sudirman menuturkan, Dubai Port Authority Corporation merupakan operator pelabuhan kelas dunia, yang menggunakan teknologi canggih. Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin bermitra dengan perusahaan tersebut.

"Kemudian kita tahu Dubai Port adalah salah satu operator infrastruktur pelabuhan terbaik di dunia, di mana Presiden sangat terkesan dan ingin memanfaatkan kemajuan teknologi dan manajemen mereka sebagai mitra kita," papar Sudirman.

Pemerintah telah membangun infrastruktur transportasi Pelabuhan Tanjung Siapi-api, sehingga dapat menarik investasi.

"Kita tahu Tanjung Siapi-api sudah direncanakan lama, sudah disiapkan jalur kereta  ke sana, disiapkan jalan tol ke sana, di Palembang, dan master plan sudah jadi," ungkapnya.

Terkait dengan kewenangan Sudirman pada kerja sama tersebut, ia telah ditunjuk sebagai penanggungjawab kerja sama Indonesia dengan negara Timur Tengah.

"Tugas saya sebagai ketua tim bertanggungjawab menjembatani semua pihak supaya dari  waktu ke waktu komunikasi yang baik,  saling tukar informasi, dan pada saatnya merealisasikan investasi itu," pungkasnya. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.