Sukses

Masih Menganggur? Lakukan 4 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta - Cemas karena meski telah menyelesaikan sekolah atau kuliah, lamaran pekerjaan sudah dikirim, namun belum juga mendapatkan panggilan wawancara.

Apalagi seiring berjalannya waktu, orang tua mulai bertanya kapan Anda mulai bekerja?. Tak heran, sangatlah tidak enak jika menjadi seorang pengangguran.

Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk menghindari perasaan itu?. Berikut 4 hal yang bisa Anda lakukan ketika menganggur melansir laman Payscale, Jumat (14/8/2015):


1. Pahami masalah 

Apa yang kalian rasakan saat tahu bahwa dompet di saku celana atau di tas hilang?

Saat menganggur, hal pertama adalah kendalikan anggaran keuangan. Jika Anda tinggal sendiri, hitunglah untuk berapa lama uang tersebut cukup untuk membiayai hidup.

Jika Anda tinggal dengan orang tua, bicaralah kepada mereka dengan terus terang bahwa mungkin beberapa minggu atau berapa bulan ke depan, Anda baru mendapatkan pekerjaan.

Jika Anda mulai berencana untuk hidup mandiri, pikirkan juga berapa biaya yang mungkin diperlukan. Misalnya "Saya harus punya uang sekian rupiah sebelum ngekos sendiri".

2. Persiapkan keperluan wawancara

Sebuah kemeja dilabeli sebagai 'The Best Performing Shirt in The World ™', atau Kemeja Berpenampilan Terbaik di Dunia.

Selalu perbaharui resume dan LinkedIn Anda, dan setidaknya memiliki satu stel pakaian bersih dan rapih, supaya bisa selalu siap jika ada panggilan wawancara kerja. Saat wawancara kerja gunakanlah sepatu. Tampak sopan atau profesional akan memberikan kesan lebih.

3. Tetap sibuk

Para pejalan kaki teralihkan perhatiannya dengan barisan Pikachu, si pokemon kuning lucu.

Sebuah perusahaan senang pada karyawan yang peduli dengan pekerjaannya. Jika Anda belum mendapatkan pekerjaan impian, tetaplah memiliki kesibukan, misalnya menjadi seorang relawan, bekerja di toko, atau di restoran.

Walau itu di bawah kompetensi, tetaplah lakukan, tanamkan dalam hati, "Saya tidak ingin menganggur, dengan cara ini saya belajar keterampilan."

4. Bersikap ramah

Berikut lima pekerjaan terbaik untuk para introvert.

Perlakukan setiap orang dengan baik, dan seolah-olah mereka adalah seseorang yang mungkin memberi Anda pekerjaan, atau koneksi ke pekerjaan, atau yang mungkin merekomendasikan Anda untuk sebuah pekerjaan. (Ilh/Nrm)

 

 

Loading