Sukses

Pertamina dan TNI Sepakat Amankan Objek Vital Sektor Energi

Kerja sama Pertamina dan TNI meliputi pengamanan obyek vital nasional melalui pendekatan bina teritorial.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) dan TNI bekerjasama mengamankan obyek vital nasional strategis. Hal tersebut dibuktikan dalam perpanjangan nota kesepahaman sejak 2013.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan antara Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto dan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko.

Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, kerja sama ini meliputi pengamanan obyek vital nasional strategis melalui pendekatan bina teritorial, yaitu pemberdayaan masyarakat di wilayah pelosok, terpencil, dan miskin.

Pertamina dan TNI bersinergi dalam mengamankan aset-aset sektor energi yang berada di dalam pengelolaan Pertamina melalui pendekatan bina teritorial,” kata Dwi, di Jakarta, senin (29/6/2015).

Menurut Moeldoko, peran Pertamina sangat penting dan strategis. Alutsista secanggih apa pun tidak akan ada artinya jika tidak ada bahan bakar. "TNI akan melakukan yang terbaik untuk mengamankan aset  strategis Pertamina," tutur Moeldoko.

Sebagaimana diketahui, Pertamina merupakan tulang punggung bagi penyediaan energi nasional yang mengelola aset-aset strategis objek vital nasional, seperti aset-aset hulu migas dan geothermal, kilang-kilang minyak, terminal BBM, hingga SPBU yang digunakan untuk menyalurkan kebutuhan BBM nasional.

Aset-aset tersebut tersebar di seluruh wilayah nusantara sehingga memerlukan dukungan dari institusi negara, dalam hal inisalah satunya  TNI, untuk mengamankan dari kemungkinan adanya gangguan serta ancaman yang berpotensi memberikan dampak serius terhadap ketahanan energi nasional. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

Video Terkini