Sukses

BI Perwakilan Kalsel Layani Penukaran Uang

Bank Indonesia perwakilan Kalimantan Selatan membatasi penukaran uang sebanyak Rp 5 juta sekali tukar.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalimantan Selatan menyediakan penukaran uang receh untuk memenuhi kebutuhan Lebaran yang dibuka pada Senin 29 Juni 2015 hingga 9 Juli 2015.

Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan Ocky Ganesia mengatakan, ada penukaran uang maka masyarakat dapat berbagi dengan uang yang bagus saat Lebaran. "Biasanya akan mereka bagikan ke sanak saudara. Mereka gunakan uang yang baru dan fresh," kata dia di Banjarmasin, Senin (29/6/2015).

Dia menuturkan, program ini sendiri sejalan dengan program BI mewujudkan alat pembayaran yang layak. "Ini sesuai clean money policy, bagaimana BI menyediakan uang yang layak edar," ujar Ocky.

Saat penukaran uang ini, BI melibatkan delapan bank umum antara lain bank Kalsel, bank BJB, BNI, bank Sinarmas, bank Mandiri, bank BNI Syariah, bank Mega, dan BRI.

Plafon saat penukaran uang ini dibatasi sebanyak Rp 5 juta sekali tukar. Adapun ketentuannya, pecahan Rp 20 ribu maksimal sebanyak Rp 2 juta. Pecahan Rp 10 ribu maksimal Rp 1 juta. Kemudian pecahan Rp 5 ribu maksimal Rp 1 juta. Terakhir nominal Rp 2 ribu, dan maksimal Rp 1 juta. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.