Sukses

Gitar John Lennon Ditaksir Terjual Rp 10 Miliar

Gitar akustik jenis Gibson J-160E dimainkan John Lennon saat menulis lagu The Beatles berjudul `I Want to Hold Your Hand`

Liputan6.com, New York - Gitar milik musisi ternama dunia, John Lennon, akan segera dilelang. Gitar yang dimainkan saat menulis lagu The Beatles berjudul `I Want to Hold Your Hand` itu ditaksir dapat terjual dengan harga yang fantastis senilai US$ 800 ribu atau Rp 10,63 miliar (kurs: Rp 13.290 per dolar AS).

Melansir laman CNN Money, Sabtu (6/6/2015), gitar akustik jenis Gibson J-160E itu diprediksi akan menggemparkan lelang yang rencananya digelar pada November tahun ini. Rumah lelang Julien's Auction akan bertanggungjawab menangani penjualan gitar milik Lennon.

Lennon dan anggota The Beatles yang lain, George Harrisson tercatat pernah membeli gitar Gibson yang sama pada 1962 di toko musik di Liverpool, Inggris. Untuk gitar tersebut, keduanya membayar seharga 161 pound sterling.

Menurut penyelenggara lelang, Lennon biasa menggunakan gitar tersebut saat merekam beberapa lagu The Beatles seperti `P.S. I Love You` dan `Love Me Do`. Lennon memainkan gitar tersebut selama pertunjukan langsung.

Bahkan gitar tersebut bisa dilihat dalam beberapa video dari Beatle pada 1963. Lennon juga memainkan gitar Gibson itu saat menulis hits terbesar The Beatles bersama Paul McCartney termasuk `She Loves You` dan `All My Loving`.

Gitar itu pernah menghilang setahun setelah Lennon membelinya dan dianggap hilang selama 50 tahun. Pemilik gitar tersebut sekarang merupakan warga San Diego bernama McCaw, seorang gitaris amatir yang membelinya pada 1970-an.

"Dia tak tahu dirinya sedang menggenggam barang berharga," kata Direktur Eksekutif Julien's Auctions Martin Nolan.

Nolan masih tak paham bagaimana gitar tersebut bisa ditemukan di California. Tapi dia mengatakan, rumah lelangnya bekerja selama berbulan-bulan untuk membuktikan keontetikan gitar tersebut. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini