Sukses

6 Cara Dongkrak Motivasi Bekerja

Liputan6.com, Jakarta - Kadang pekerjaan membuat seseorang merasa frustasi. Mungkin itu bisa karena tugas menumpuk dan beban kerja berat.

Bahkan seseorang harus bekerja untuk melakukan yang tidak sukainya. Hal itu terjadi lantaran untuk membiayai hidup, bahkan loncatan untuk sesuatu lebih baik.

Oleh karena itu, Anda dapat keluar dari masalah pekerjaan itu dengan mendobrak pikiran negatif terhadap pekerjaan yang digeluti. Berikut enam hal yang dapat dilakukan untuk memotivasi agar tetap semangat bekerja seperti dikutip dari laman wisebread, Minggu (8/3/2015):

1. Melihat Tujuan Kerja

Pekerjaan yang dilakukan memiliki tujuan. Bila Anda tidak memilikinya, maka Anda dapat membuat garis besar tujuan yang ingin dicapai. Anda dapat menguraikan tujuan kinerja mulai dari proyek selesai dan sejumlah tujuan lainnya.

Masalahnya memiliki tujuan atau tidak apakah itu cukup membuat Anda termotivasi. Oleh karena itu, lihat atlet yang memiliki tujuan untuk memperoleh kemenangan. Anda juga perlu membayangkan diri untuk mencapai tujuan.

Lalu buat rincian yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan visuliasasi, rincian dan tindakan untuk wujudkan tujuan maka dapat mendorong Anda berpikir positif.

2. Memberikan Penghargaan kepada Diri Sendiri

Selain memiliki tujuan untuk jangka panjang dan pendek maka Anda dapat memberikan hadiah kepada diri sendiri. Setiap kali Anda berhasil berikan imbalan untuk meningkatkan kebahagiaan dan motivasi.

Dengan langkah itu juga mendorong Anda memiliki tujuan dan memikirkan apa yang seharusnya dilakukan baik jangka panjang, menengah dan pendek? Ketika Anda memenuhi tujuan itu maka Anda dapat memberi hadiah kecil.

3. Buat itu Sesuatu Menyenangkan

Tugas-tugas yang dihadapi kadang membosankan, tetapi kadang Anda harus membuat itu menjadi sesuatu menyenangkan. Saat melakukan pekerjaan dengan menyenangkan maka itu memotivasi Anda juga bekerja meski memiliki tantangan dan menghadapi kebosanan.

Selain itu, Anda tidak harus bekerja pada hal sama untuk mengusir kebosanan. Anda dapat meluangkan waktu sejenak bersama teman untuk berdiskusi dan bercanda. Ini agar membuat pekerjaan menjadi lebih menyenangkan.

4. Ingat Alasan Bekerja Anda

Jika Anda mencari di luar diri Anda untuk motivasi, kadang-kadang Anda tidak dapat menemukannya. Sebaliknya lihat ke dalam diri sendiri untuk alasan mengapa Anda ingin melakukan pekerjaan.

Motivasi dari dalam diri sendiri dapat datang dari berbagai tempat. Mungkin Anda ingin melakukan pekerjaan baik unntuk mendukung keluarga dan merawat sesseorang. Ketika Anda tahu alasannya maka motivasi Anda datang dari dalam diri sendiri.

5. Kontrol Apa yang Anda Bisa

Apakah Anda bekerja dengan tim dan sendiri? Setiap pekerjaan datang dengan keadaaan yang berada di luar kendali Anda. Sebaliknya berpikir secara konkret tentang apa yang dapat Anda kontrol.

6. Buat Rencana B

Motivasi dapat merosot ketika Anda merasa seperti gagal, terutama ketika itu terjadi di tempat kerja. Alih-alih melihat proyek yang tidak berhasil sebagai kegagalan.

Kegagalan tidak berarti bahwa Anda tidak memiliki ide baik. Bahkan jika Anda gagal berkali-kali, itu tidak berarti bahwa apa yang Anda kerjakan adalah sebuah kegagalan.

Oleh karena itu menemukan motivasi di tempat kerja adalah lebih lanjut tentang pola pikir Anda dari apa pun. Ketika Anda mengubah cara berpikir tentang tugas-tugas, Anda akan mengubah cara pandang untuk lebih termotivasi dan bahagia di tempat kerja. (Ahm/)

Loading