Sukses

Ingat! Bukan Cuma Kecerdasan yang Bikin Orang Sukses Besar

Kecerdasan intelektual (IQ) dan kerja keras seringkali dianggap sebagai dua faktor terpenting dalam upaya seseorang mencapai kesuksesan.

Liputan6.com, Jakarta - Kecerdasan intelektual (Intelligence Quotient/IQ) dan kerja keras seringkali dianggap sebagai dua faktor terpenting dalam upaya seseorang mencapai kesuksesan. Founder dan Executive Chairman Bole Associates Louisa Wong justru mengatakan, nukan hanya IQ saja yang harus dikembangkan untuk meraih kesuksesan besar.

"Saya rasa, sukses harus datang dari kerja keras, itu yang paling fundamental, sekitar 60 persen dari kunci kesuksean. Dan yang lainnya adalah kecerdasan emosional (Emotional Quotient/EQ) yang sama penting dengan kerja keras," terangnya saat berbincang dengan Liputan6.com seperti ditulis Senin (23/2/2015).

Menurutnya, kesuksesan juga harus datang dari upaya yang luar biasa keras. Dan EQ harus menjadi salah satu bagian penting di mana Anda juga dituntut untuk peka terhadap perasaan orang lain seperti rekan kerja.

Louisa menjelaskan, saat bekerja, EQ membantu Anda mengetahui apa yang terjadi di sekitar dan mengkomunikasikan gagasan dengan bahasa yang baik serta tidak menyinggung orang lain.

"Atau jika Anda sangat arogan hingga menganggap orang lain tak berarti, saya rasa, di situlah EQ sangat penting," ujar dia.

Untuk meningkatkan EQ, Anda juga harus sensitif pada orang lain. Artinya, bukan hanya IQ yang penting dalam mencapai kesuksesan karir tapi juga EQ yang tinggi.

Dari pengamatannya, beberapa orang harus mengembangkan berbagai pengalaman untuk mendapatkan EQ yang tinggi. Sementara beberapa orang lain justru terlahir dengan EQ yang sangat baik.

"Jika Anda pernah kehilangan salah satu anggota keluarga, Anda mungkin akan memiliki EQ yang lebih tinggi. Anda akan berusaha memahami cara berpikir orang lain," tuturnya. (Sis/Ndw) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini