Sukses

Kerja Sama Pangan, Gubernur NTT Pasok Ribuan Sapi ke Jakarta

Pemerintah Provinsi NTT akan mengirim 60 ribu ekor sapi ke sejumlah daerah pada tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan kerja sama dalam bidang ketahanan pangan. Dalam kerja sama tersebut, peternak sapi dari NTT akan memasok daging sapi bagi masyarakat Jakarta.

Gubernur NTT, Frans Leburaya mengatakan, Pemerintah Provinsi NTT akan mengirim 60 ribu ekor sapi per tahun ke sejumlah daerah. Di mana sebagian besarnya akan dikirim ke Jakarta untuk memenuhi kebutuhan daging sapi.

"60 ribu sapi salam satu tahun, Sebagian besarnya dikirim ke Jakarta. Tapi kami kirim juga ke daerah lain seperti Surabaya, Kalimantan, dan Sulawesi," ucap Frans usai menghadiri acara Ritual Reba Ngada NTT di Anjungan NTT, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, seperti ditulis pada Minggu, (15/2/2015).

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok menerangkan, diupayakan dalam kerja sama ini bukan hanya menguntungkan kedua belah pihak, terutama perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) masing-masing. Tetapi juga para peternak sapi bisa terdongkrak kesejahteraannya.

"Kami juga berupaya agar Perusahaan Daerah Dharma Jaya bisa masuk, bukan cuma ambil untung, tapi harus kasih peternak untung yang wajar," kata Ahok pada kesempatan yang sama.

Ahok mengatakan, jangan sampai terjadi ajang pemerasan terhadap peternah sapi. Ahok tidak menginginkan agar para peternak sapi tidak terpaksa menjual begitu saja induk-induk sapi karena butuh uang.

"Jangan sampai jadi ajang pemerasan, dimanfaatin saja. Nah ini kami mau masuk. Kami lagi berpikir bagaimana supaya induk-induk sapi itu tidak dipotong, peternak kehabisan uang dia terpaksa jual. Ini kita lagi berpikir caranya," ujarnya. (Oscar Ferri/Gdn).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini