Sukses

Pengusaha Pastikan Tak Ada Apel Berbakteri di Pasar Modern

Pengusaha ritel memastikan apel impor yang beredar di ritel modern aman untuk dikonsumsi.

 

Liputan6.com, Jakarta Wakil Sekjen Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) Satria Hamid menegaskan secara umum apel impor yang beredar di ritel modern aman untuk dikonsumsi.

Hal ini merespons keputusan Menteri Perdagangan RI, Rahmat Gobel yang menghentikan izin impor impor apel jenis Granny Smith dan Gala yang diproduksi oleh Bidart Bros California, Amerika Serikat (AS).

Dia mengatakan, kebanyakan apel impor yang dipasarkan oleh peritel Indonesia merupakan apel buah segar bukan apel olahan.

"Apel segar yang ada di Anggota Aprindo didatangkan dari Washington DC, AS dan telah melewati pengawasan yang ketat sehingga aman untuk dikonsumsi," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Hal tersebut juga diungkapkan Ketua Asosiasi Eksportir dan Importir Buah dan Sayur Segar Indonesia (Aseibssindo) Kafi Kurnia. Menurutnya, apel jenis Granny Smith dan Gala yang ditengarai berbakteri merupakan jenis apel berkaramel.

"Di Indonesia apel jenis itu tidak masuk, jadi masyarakat tidak perlu panik," kata dia.

Seperti diketahui, pada 26 Januari 2015 lalu Kementerian Perdagangan mengeluarkan surat penghentian impor apel jenis Granny Smith dan Gala yang diproduksi oleh Bidart Bros California.

Ini dikarenakan adanya hasil laporan dari Kementerian Pertanian Amerika Serikat (AS) alias United States Department of Agriculture (USDA) yang menyatakan adanya bakteri Listeria Monocytogenes pada Apel jenis Granny Smith dan Gala produksi rumah pengemasan Bidart Bros asal California, Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.