Sukses

Baru Pertama Kerja? Ini 4 Tips Suksesnya

Pengalaman pertama kali bekerja memang seringkali sangat menegangkan, tapi jika bisa melakukannya dengan baik, kesuksesan akan menanti Anda

Liputan6.com, New York - Memasuki dunia karir untuk pertama kalinya tentu akan terasa sangat menantang. Pengalaman pertama kali bekerja memang seringkali sangat menegangkan, tapi jika Anda bisa melakukannya dengan baik, kesuksesan akan menanti.

Sejauh ini, pelatihan kerja pada para pegawai muda memang masih terbilang sedikit. Apalagi pengetahuan tentang berbagai sikap yang harus dimilik saat pertama kali bekerja, mulai dari cara memilih pakaian, berbicara dengan atasan atau sekadar mengobrol dengan rekan kerja.

Namun setiap orang pasti memiliki pengetahuan dasar untuk memulai karirnya. Berikut empat tips sederhana agar sukses saat melakukan pekerjaan utama seperti dikutip dari Business Insider, Selasa (20/1/2015):

1. Datang paling awal, pulang terakhir

Bagi para karyawan yang baru pertama kali kerja, menunjukkan disiplin yang kuat perlu dilakukan. Salah satunya dengan datang lebih awal daripada atasan dan jangan pulang sebelum atasan Anda meninggalkan kantor lebih dulu.

Katakan pada atasan bahwa Anda tak merasa masalah untuk bekerja lebih lama dari pegawai lain.

2. Jangan berbohong

Tak hanya bagi karyawan yang baru pertama kali kerja, berbohong menjadi larangan bagi seluruh pegawai di berbagai perusahaan di dunia.

Tapi bayangkan jika pegawai muda berbohong dan tidak bekerja dengan baik, dampaknya akan 10 kali lebih buruk daripada bagi karyawan berpengalaman.

Jangan lakukan apapun yang bisa membuat atasan atau rekan kerja tidak lagi mempercayai Anda.

3. Jangan mencari pembenaran

Saat Anda melakukan kesalahan di kantor, pastikan meminta maaf dan tidak mengulanginya lagi. Jangan pernah membuat-buat alasan untuk membela diri.

Dengan meminta maaf dan mengakui kesalahan, atasan akan lebih menghargai kejujuran tersebut dan tidak menganggapnya sebagai masalah besar.

4. Berusaha belajar di kantor

Tak ada yang mengharapkan Anda selalu tahu seluruh jawaban atau mengetahui cara mengerjakan setiap tugas yang diberikan atasan. Tapi tentu saja, para atasan berharap Anda cukup pintar untuk mengatasi setiap kesulitan dan mencari tahu setiap kebingungan mengenai pekerjaan yang memang baru pertama kali dilakukan tersebut.

Jika Anda tidak tahu bagaimana cara melakukan sesuatu, cari di internet, bertanya pada rekan kerja, atau jika memang harus, konsultasikan pada atasan. Jangan lupa, gunakan kata-kata yang sopan. (Sis/Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.