Sukses

Cerita Marwan Jafar Saat Kunjungi Desa Terbaik ke-8 di RI

"Saya ke sini untuk belajar kepada Pak Kades bagaimana membentuk dewan desa, apalagi di sini sudah punya badan usaha sendiri," tutur Marwan.

Liputan6.com, Tangerang- Bakal menggelontorkan anggaran Rp 1 miliar per desa, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar datangi Desa Pagedangan Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang pada Jumat, 9 Desember 2014.

Rombongan menteri sengaja datang ke Desa Pagedangan yang merupakan Desa Terbaik ke-8 tingkat nasional sebagai percontohan. Marwan meninjau desa yang dikenal Desa Mandiri ini karena desa ini telah terbentuk Dewan Desa dan memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

"Saya ke sini untuk belajar kepada Pak Kades bagaimana membentuk dewan desa, apalagi di sini sudah punya badan usaha sendiri," tuturnya kagum.

Badan usaha milik desa sendiri yang saat ini sudah dimiliki Desa Pagedangan adalah Tempat Pengolahan Sampah Sementara (TPST) dan lokasi kuliner yang dikelola oleh desa dan masyarakatnya.

"Ini bisa menjadi contoh desa lain agar bisa melakukan hal serupa," ujarnya.

Dia pun berjanji, ketika berkunjung ke desa lain di seluruh Indonesia bakal menceritakan soal kemajuan Desa Pagedangan. Terlebih, desa ini diapit oleh tiga pengembang besar. Seperti Paramount, Summarecon, dan BSD.

"Sekali lagi, ini bisa jadi contoh bagi desa lain di Indonesia. Saya kan ceritakannya ke desa lain sebagai pengalaman," pungkasnya. (Naomi Trisna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini