Sukses

Bintuni Bisa Jadi Kota Terhebat di Dunia

Pemerintah akan membangun kawasan petrokimia di kawasan Bintuni, Papua Barat karena potensi gas alam besar di wilayah tersebut,

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia rupanya memiliki kota terhebat di dunia. Namun sayang potensi alam yang bisa merealisasikan hal tersebut selama ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah.

Ketua Pokja Kawasan Timur Indonesia (KTI) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Ikhwanudin Mawardi mengatakan, kota tersebut yaitu Bintuni, Papua Barat. Wilayah tersebut memiliki teluk yang sangat kaya akan gas alam.

"Sebenarnya Bintuni akan jadi kota terhebat di dunia, karena potensi gas yang besar di sana," ujar Ikhwanudin di Menara Kadin, Kuningan, Jakarta, Kamis (8/1/2015).

Hal tersebut pun diamini oleh Koordinator Pokja Infrastruktur KTI Kadin Ferrianto Djais. Menurut Ikhwanudin, di teluk Bintuni merupakan salah satu teluk paling kaya akan sumber daya alam di dunia.

"Di sana ada tanaman mangrove terbesar di dunia, ternyata ditengahnya itu gas melulu. Sekarang kondisinya masih ada apanya," kata dia.

Meski demikian, Ferrianto mengatakan sudah ada inisiatif dari pemerintah untuk membangun kawasan industri petrokimia yang ditargetkan bisa mulai beroperasi pada 2019.

"Di sana mau dibangun industri petrokimia, pupuk, macam-macam. Tapi butuh infrastrukturnya dulu dibangun seperti jalan, air bersih, listrik dan ini juga harus melibatkan masyarakat sekitar," tandasnya. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini