Sukses

Tips Hemat Uang Saat BBM Naik

Liputan6.com, Jakarta BBM Naik secara otomatis akan memperbesar pengeluaran. Hal ini karena ketika BBM naik, maka harga barang-barang lainnya pun akan ikut naik. Untuk mensiasatinya, dua pilihan yang dimungkinkan adalah menambah pemasukan atau menghemat pengeluaran.

Dari 2 pilihan tersebut, menghemat pengeluaran adalah hal yang lebih mudah dilakukan. Sebab, jika ingin menambah pemasukan, maka seseorang harus mencari sumber pemasukan tambahan yang memerlukan waktu relatif lebih lama daripada menghemat pengeluarannya.

Bagaimana cara menghemat pengeluaran saat BBM naik? Cobalah beberapa tips berikut seperti dilansir oleh USA Today, Selasa (18/11/2014).

1. Potong biaya perumahan

Sebanyak 33 persen anggaran rumah tangga dihabiskan untuk biaya perumahan. Atur ulang kredit dengan tingkat bunga yang lebih rendah jika dimungkinkan. Selain itu, gunakan juga peralatan yang hemat listrik agar pengeluaran untuk itu bisa ditekan.

2. Cek kartu kredit

Tanyakan pada bank untuk mengurangi tingkat suku bunga Anda. Kemudian, kurangi juga biaya bulanan untuk hal-hal yang dapat mengurangi uang Anda tiap bulan seperti tagihan telepon dan internet. Selain itu, gunakanlah kartu kredit dengan bijak.

3. Pindah ke prabayar

Gunakanlah ponsel prabayar. Dengan menggunakan prabayar, maka seseorang akan memiliki batasan tersendiri dalam berkomunikasi, yaitu jumlah pulsa yang tersedia. Selain itu, atur ulang penggunaan akses data dari ponsel agar pulsa tidak cepat habis.

4. Keluarlah dari gym dan langganan lain

Batalkan keanggotaan gym dan mulai berolahraga di rumah. Selain itu, coba untuk batalkan langganan lainnya seperti langganan majalah atau game online.

5. Beli hanya yang dibutuhkan

Terkadang, seseorang membeli apa yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Mulailah untuk menghemat dengan cara membeli barang yang benar-benar dibutuhkan. Selain itu, carilah juga pasar yang menjual barang dengan harga paling murah. Anda bisa memanfaatkan aplikasi smarthone untuk hal ini.

Itulah beberapa tips menghemat uang saat BBM naik. Memang akan sulit, tetapi bukan berarti tidak bisa dicoba. Cobalah, lalu bandingkan pengeluaran anda sebelum dan setelah BBM naik.

Loading