Sukses

Begini Cara Singkat Pemerintah Atasi Krisis Listrik

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mencari cara untuk bisa mengatasi krisis listrik di Indonesia. Salah satunya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencanangkan program pembangunan pembangkit listrik 35 ribu Mega Watt (MW) kurun 5 tahun.

Upaya menindaklanjutinya, para menteri pun menggelar rapat kordinasi (rakor) untuk mengurai permasalahan listrik nasional pada Kamis (6/11/2014) ini di kantor Kementerian ESDM Jakarta.

Hadir dalam rakor ini antara lain, Menteri Koordinator Bidang Maritim, Menteri ESDM, Menteri Agraria, Menteri Hukum dan HAM, Kepala Staff Angkatan Darat TNI, PT PLN (Persero) dan Pemerintah Kabupaten Cilacap.

"Proses penyisiran masalah kelistrikan Menko kemaritiman mengumpulkan pihak lain,"  kata Menteri ESDM Sudirman Said.

Tak butuh waktu, Sudirman mengungkapkan, rakor tersebut berhasil menemukan solusi untuk mengatasi krisis listrik di Indonesia.

Caranya, antara lain dengan mempercepat pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap, Jawa Tengah berkapasitas 5 ribu MW.

"Sumbatan diselesaikan dengan cepat, Pak menko cepat mengorganisir ini, tidak lama 1 jam, dan berhasil mencari solusi," ungkap dia.

Percepatan pembangunan pembangkit listrik Cilacap Jawa Tengah sesuai arahan Presiden Jokowi dalam sidang kabinet yang berlangsung Senin (3/11/2014).(Pew/Nrm)