Sukses

Berhasil Ubah Wajah Perkeretapian, Jonan Emban Tugas di kemenhub

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja mengumumkan nama-nama menteri yang bakal membantu pemerintahannya dalam 5 tahun ke depan. Dari 34 nama menteri, Jokowi memilih Direktur Utama (Dirut) PT KAI (Persero) Ignasius Jonan untuk menempati jabatan Menteri Perhubungan (Menhub) di Kabinet Kerja.

Tentu nama ini sudah tidak asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Pria kelahiran Singapura 21 Juni 1963 ini dianggap membawa perubahan besar pada perkeretapian di Tanah Air.

Moda transportasi kereta api yang semula identik dengan sumpek, berjejalan, dan kumuh diubah menjadi moda transportasi yang layak.

Dia berhasil membersihkan kereta api ekonomi dari para pedagang. Pelayanan pembelian tiket pun dipermudah dengan fasilitas online sehingga praktik calo menjadi minimal.

Kondisi stasiun yang disesaki oleh pedagang asongan dan banyak sampah diubah menjadi stasiun kereta api yang sedap di pandang mata.

Bahkan, berkat kegigihannya, PT KAI yang pada tahun 2008 mengalami rugi sampai Rp 80 miliar kini berhasil meraup untung hingga ratus miliar mengikuti perubahan strategi dan budaya SDM.

Tak heran, pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pun memperpanjang jabatannya selama 5 tahun dari pertama kali menjabat Dirut tahun 2009.

Memang, Kementerian Perhubungan tak lantas bisa disamakan oleh perkeretaapian. Hal itu tentu menjadi perhatian masyarakat ke depan. (Amd/Gdn)

Loading