Sukses

Usai Terpuruk, Rupiah Akhirnya Sanggup Menguat

Nilai tukar rupiah akhirnya dibuka menguat tipis pada perdagangan hari ini setelah melemah 0,4 persen sepanjang pekan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah akhirnya dibuka menguat tipis pada perdagangan hari ini setelah melemah 0,4 persen sepanjang pekan lalu. Meski begitu, penguatan nilai tukar rupiah ini dinilai tidak akan bertahan lama.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menunjukkan nilai tukar rupiah menguat sangat tipis sebesar lima poin ke level 12.202 per dolar AS. Pada perdagangan sebelumnya, nilai tukar rupiah ditutup di level 12.207 per dolar AS.

Sementara data valuta asing Bloomberg, mencatat nilai tukar rupiah menguat 0,27 persen ke level 12.190 pada perdagangan pukul 11:24 waktu Jakarta. Di awal sesi, nilai tukar rupiah juga dibuka menguat di level 12.220 per dolar AS.

Pada perdagangan sebelumnya nilai tukar rupiah ditutup melemah di level 12.222 per dolar AS. Hingga menjelang siang, nilai tukar rupiah terus berfluktuasi menguat dan berkutat di kisaran 12.189 hingga 12.225 per dolar AS.

Meski begitu, ekonom PT Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta memprediksi, penguatan tipis nilai tukar rupiah pada perdagangan hari ini akan kembali diterpa sejumlah tekanan. Salah satunya adalah penguatan nilai tukar dolar.

"Pergerakan dolar ke level yang lebih tinggi akan menekan rupiah dan membuatnya kembali melemah," tandasnya. (Sis/Ndw)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.