Sukses

Tes CPNS Bisa di Mana Saja Jadi Tantangan Buat Pemerintah Jokowi

Tantangan baru bagi pemerintahan Jokowi adalah membangun sistem pengadaan CPNS agar semua pelamar dapat melakukan tes di mana saja

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai tantangan membangun negeri terus menyambut datangnya pemerintahan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan dilantik pada Oktober mendatang.

Salah satu tantangan baru bagi pemerintahan Jokowi adalah membangun sistem pengadaan CPNS agar semua pelamar dapat melakukan tes dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) dari tempat tinggalnya sendiri.

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Tasdik Kinanto Prinsip tersebut diharapkan dapat diterapkan setiap instansi, terutama pemerintah daerah, guna memudahkan sistem rekrutmen dan pelaksanaan tes bagi para pendaftar CPNS.

“Jadi jika ada pelamar di daerah ingin melamar di instansi pusat, mereka dapat melakukan tesnya di tempat domisili atau tempat pilihan mereka,” ujar seperti dilansir dari situs resmi KemenPAN-RB, Rabu (24/9/2014).

Langkah tersebut perlu diterapkan agar seluruh masyarakat dapat memiliki peluang dan akses yang mudah saat mengikuti proses seleksi CPNS di berbagai instansi.

Tasdik juga mengatakan, setiap instansi ke depan diharapkan dalam menerapkan sistem seleksi yang hemat biaya serta efisien bagi para peserta CPNS.

Sejauh ini, untuk pendaftaran CPNS 2014, Panselnas telah menerima lebih dari 2,2 juta pelamar. Sementara itu, terdapat sekitar 98 instansi yang masih membuka lebar pintu pedaftaran dan beberapa instansi lain sudah mulai menggelar tes CPNS 2014. (Sis/Nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini