Sukses

Cuma Pasang Tali Kapal, Gaji Anda Lebih Besar dari Manajer Bank

Tahukah anda bahwa gaji manajer di sebuah bank di Indonesia yang rata-rata sekitar Rp 10-15 juta per bulan masih kalah dengan gaji pekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja dengan bayaran tinggi memang menjadi cita-cita setiap orang. Namun terkadang gaji yang didapat itu akan disesuaikan dengan jenis dan resiko pekerjaan yang dikerjakan seseorang.

Tahukah anda bahwa gaji manajer di sebuah bank di Indonesia yang rata-rata sekitar Rp 10-15 juta per bulan masih kalah dengan gaji tenaga pasang tali kapal di beberapa dermaga lepas pantai di Indonesia, misal di tambang-tambang minyak.

Deputi Menko Perekonomian, Bidang Koordinasi Perniagaan dan Kewirausahaan‎, Edy Putra Irawady mengungkapkan gaji para pegawai penarik tali kapal tersebut mencapai US$ 1600 per bulan setara Rp 19 juta (kurs 11.900 per dolar AS).

"Itu tenaga tarik tali yang impor yang punya sertifikat internasional, kalau yang dari dalam negeri itu hanya US$ 500," katanya di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Perbedaan jumlah gaji antara pekerja yang impor dan pekerja asal Indonesia tersebut ‎dikatakan Edy karena mayoritas SDM di bidang yang sama asal Indonesia mayoritas tidak memiliki sertifikat internasional.
‎

Edy pun meminta Presiden dan Wapres terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam tahun pertama masa kepemimpinannya untuk lebih memprioritaskan peningkatan SDM di industri maritim tersebut.

‎"Sekarang kita kerjasama dengan Unilever dan beberapa perusahaan lain, kita sekolahkan tenaga-tenaga kita ke sana untuk dapatkan sertifikat, karena tanpa itu SDM kita tidak menjual," pungkansya. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini