Sukses

Terminal Peti Kemas Teluk Lamong Telah Rampung dan Siap Dipakai

Secara fisik bangunan Terminal Teluk Lamong telah siap, tinggal proses pelaksanaan testing dan komissioning peralatan yang sedang dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III), Djarwo Surjanto menyatakan, proyek Terminal Teluk Lamong di Surabaya, Jawa Timur, yang merupakan bagian dari  Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) telah rampung tergarap.

Dia mengatakan, tak hanya secara fisik, kelengkapan alat operasionalnya pun juga sudah tersedia dan siap digunakan. Terangnya, saat ini Terminal Teluk Lamong sedang dalam proses uji coba.

“Secara fisik bangunan Terminal Teluk Lamong telah siap, tinggal proses pelaksanaan testing dan komissioning peralatan angkat dan angkut yang saat ini sedang berlangsung," kata dia dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu (6/9/2014).

Paparnya, adapun serangkaian uji coba ini meliputi ship to share crane (STS) yakni bongkar muat peti kemas ke kapal, automated stacking crane (ASC) atau alat bongkar muat di lapangan penumpukan peti kemas, dan stradle  carrier (SC) alat angkat memindahkah peti kemas, dan automotive terminal tractor (ATT) yakni alat yang digunakan untuk mengangkut peti kemas.

"Semua peralatan angkat dan angkut tersebut perlu diuji coba untuk memastikan semua fungsi dapat berjalan dengan baik dan memenuhi standar kinerja yang ditetapkan oleh perusahaan," lanjut dia.

Dia menekankan, uji coba perlu dilakukan pasalnya beberapa alat operasional terbilang masih baru di Indonesia.

"Alat-alat tadi tergolong baru khususnya automated stacking crane. Di Indonesia baru Terminal Teluk Lamong yang menggunakan alat tersebut, jadi perlu diuji coba terlebih dahulu,” tukas dia. (Amd/Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.