Sukses

Pembiayaan Lewat Multifinance Bisa Cair dalam Dua Jam

Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia memastikan sistem yang dijalankan mampu meminimalisasi risiko pembiayaan.

Liputan6.com, Jakarta Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia mengklaim proses pengajuan pembiayaan kini telah semakin mudah. Sebagian besar perusahaan asuransi bahkan sanggup penyetujui pencairan pembiayaan hanya dalam dua jam.

Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia, Suwandi Wiratno menjelaskan kecepatan persetujuan pembiayaan ini sudah menjadi keharusan agar dapat tetap mendapatkan dan mempertahankan para pelanggannya.

"Persetujuan kredit sepeda motor misalnya, dua jam maksimum sudah approve, kalau belum pelanggan langsung lari ke perusahaan lain, modal KTP dan KK sudah aprove," katanya di Hotel Le Merridien, Jakarta, Kamis (27/3/2014).

Suwandi mengakui, proses yang dijalani perusahaan asuransi memang sedikit berbeda dengan persyaratan yang dilakukan perbankan.

Selama ini sistem pemberian pembiayaan kepada konsumen dilakukan dengan melalui sistem pemetaan yang sebelumnya sudah dilakukan oleh manajemen perusahaan.

"Apa yang kami lakukan adalah statistik data analisa, dimana beberapa perusahaan besar punya statistik yang jelas, kita ada area kuning, merah dan hijau," tegasnya.

Pemetaan area-area tersebut dijadikan gambaran karakteristik lingkungan kehidupan masyarakat di suatu wilayah tertentu.

"Misalnya daerah merah, sudah pasti daerah sana kalau kita masuki kredit tidak pernah dibayar, itulah dinamika kita sebagai perusahan pembiayaan," kata Suwandi.

Dengan menerapkan sistem tersebut, Suwandi mengaku tingkat risiko pembiayaan dapat diminimalisir. Hal itu terbukti tingkat kredit bermasalah dari seluruh perusahaan pembiayaan di Indonesia hanya sekitar 1,6%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini