Sukses

Asian Games: Lolos ke Semifinal, Tontowi / Liliyana Kesal Bikin Banyak Blunder

Seperti Greysia/Apriani, Tontowi/Liliyana juga harus bersusah payah untuk tampil di semifinal bulu tangkis Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Dua wakil Indonesia sudah tiba di semifinal bulu tangkis Asian Games 2018. Setelah Greysia Polii/Apriani Rahayu, giliran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang mengamankan tiket semifinal di Istora Senayan, Sabtu (25/8/2018).

Seperti Greysia/Apriani, Tontowi/Liliyana juga harus bersusah payah untuk tampil di semifinal bulu tangkis Asian Games 2018. Meski unggul jauh dari segi peringkat dan rekor pertemuan, faktanya Tontowi/Liliyana sempat kewalahan menghadapi pasangan Hong Kong, Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah.

Pada set pertama, Tontowi/Liliyana yang berstatus peringkat ketiga ranking dunia itu mampu tampil sangat baik hingga menutup duel dengan 21-15. Namun, kesalahan justru dilakukan Tontowi/Liliyana sepanjang set kedua hingga menyerah 17-21.

Untungnya, fokus Tontowi/Liliyana kembali bagus pada set ketiga. Ia pun tak cukup kesulitan untuk menutup permainan dengan keunggulan 21-16. Meski begitu, Liliyana yang akrab disapa Butet itu mengaku bahwa ia dan Tontowi memang banyak melakukan kesalahan.

"Seharusnya kita mengawali dengan permainan yang cukup baik. Set pertama, di poin-poin mepet, kita bisa menyelesaikannya dengan baik. Pada set kedua, waktu stop 11-10, kami banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri dan terlalu terburu-buru. Jadi mereka dapat poinnya dengan mudah dan mau mengejarnya agak sulit," kata Liliyana kepada awak media.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Lawan Asing

Chun Hei/Hoi Wah sendiri bukan lawan yang asing bagu Tontowi/Liliyana. Kedua pasangan ganda campuran itu juga sempat dipertemukan di Singapore Open 2018. Saat itu Tontowi/Liliyana menang mudah dua set langsung, 21-16, 21-15.

"Intinya poin demi poin. Terus yang kedua adalah motivasi kita pasti lebih tinggi ya walaupun tadi mainnya agak kurang puas dengan permainan saya. Saya tebak seharusnya bola mati, malah masuk," Tontowi menimpali.

"Pastinya kita gak ingin error, tapi pastinya ada tegang. Pasangan Hong Kong juga tampil lepas. Waktu bertemu di Singapura, kami menang dua set, menang lebih mudah. Hari ini kita agak sulit dan kita menangnya tidak gampang," Liliyana menambahkan.

Dengan hasil ini, impian Tontowi/Liliyana untuk merebut emas Asian Games 2018 semakin mendekat. Tapi, masih ada dua rintangan lagi yang harus dilewati. Yang pertama adalah laga semifinal melawan pasangan Tiongkok, Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.