Sukses

Mengenal Kurash, Olahraga Bela Diri Asal Uzbek di Asian Games 2018

Kurash adalah cabang olahraga bela diri tradisional asal Uzbekistan. Dalam bahasa Uzbek, Kurash berarti mencapai tujuan dengan cara yang adil.

Fokus, Jakarta - Untuk pertama kalinya, cabang olahraga Kurash dipertandingkan dalam ajang olahraga multicabang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Indonesia sebagai tuan rumah wajib ambil bagian dalam cabang ini.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (18/7/2018), pemusatan latihan nasional atau pelatnas Kurash digelar di kawasan Puncak, Cianjur, Jawa Barat.

Olah aga Kurash memang masih asing terdengar. Kurash adalah cabang olahraga bela diri tradisional asal Uzbekistan. Dalam bahasa Uzbek, Kurash berarti mencapai tujuan dengan cara yang adil.

Pada dasarnya, Kurash memiliki teknik bela diri yang hampir sama dengan judo dan gulat. Bedanya, Kurash hanya boleh menggunakan bantingan atas dengan tangan dan tidak boleh bantingan bawah atau menggunakan kaki.

Meski tak ada target yang dibebankan, para atlet terpilih negeri ini akan memberikan yang terbaik di depan publik sendiri.

Ada tiga perhitungan poin dalam Kurash. Petarung yang terlebih dahulu mencapai halal atau poin tertinggi, keluar sebagai pemenang. (Rio Audhitama Sihombing)