Sukses

APEC di Bali Sukses atau Tidak, Ukurannya 3 Ini!

Indonesia dipercaya masyarakat dunia untuk menjadi tuan rumah pertemuan APEC yang berlangsung di Bali pada Oktober 2013. Berbagai persiapan telah dilakukan pemerintah Indonesia guna kelancaran pertemuan tersebut.

Namun apa yang menjadi ukuran pelaksanaan APEC di Indonesia sukses nantinya?

Menurut Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi, ada 3 hal yang membuat ajang APEC bisa dikatakan sukses.

Pertama, Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik. "Ini penting, karena menyangkut kepercayaan dari negara lain," ujar dia di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Jumat (27/9/2013).

Kedua, gelaran APEC dinilai sukses bila dari ajang tersebut muncul pesan yang positif untuk Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Negara-negara anggota APEC dapat menyamakan visi untuk tujuan bersama.

Ketiga, menurut Bayu, jika apa yang telah disepakati dalam Bogor Goals lalu bisa terlaksana dengan baik, sehingga iklim ekonomi dan investasi dunia semakin meningkat dan lebih adil.

"Dalam konteks ekonomi, di mana ekonomi Asia Pasifik bisa memiliki daya tahan dan mampu bersaing dengan negara-negara maju lain," tutur dia.

Bayu juga mengatakan APEC dapat menjadi ajang untuk menyampaikan masalah yang dihadapi negara-negara anggotanya sehingga mereka dapat memahami dan mambantu untuk menyelesaikan atau merundingkan masalah tersebut. "APEC itu intinya membangun kesepahaman antar anggotanya," tandas Bayu. (Dny/Nur)

Loading