Lagi, Persipura Curi Poin di Kandang Lawan

Bio Pauline menjadi penyelamat Persipura setelah mencetak gol di menit ke-82.

oleh Defri Saefullah diperbarui 14 Feb 2014, 22:40 WIB
Persipura Jayapura masih menunjukkan taji sebagai tim tangguh di Indonesia Super League (ISL). Meski diprediksi tidak segarang musim lalu karena berhasil merebut gelar juara ISL 2012/13, Persipura mampu menunjukkan ketangguhannya ketika mencuri poin lawan Putra Samarinda,Jumat (14/2/2014) di Stadion Segiri.

Sempat tertinggal 2-1, Persipura masih bisa unjuk kebolehan bisa tangguh di kandang lawan setelah menahan Putra Samarinda 2-2. Gol Bio Phauline menjelang akhir babak kedua menjadi penyelamat.

Putra Samarinda sebagai tuan rumah langsung mengambil inisiatif serangan sejak kick off. Ini membuat Persipura Jayapura fokus bertahan dan mengintip peluang melalui serangan balik.

Peluang emas pertama didapatkan oleh striker andalan tuan rumah, Spasojevic ketika ia menguasai bola di kotak penalti, namun kawalan ketat Bio Paulin membuat tembakan eks pemain PSM Makassar itu masih belum menemui sasaran.

Meski terus ditekan, Persipura berhasil mencetak gol terlebih dahulu di menit ke-16. Berawal dari tendangan bebas di sisi kanan pertahanan tuan rumah, Bio Paulin meneruskan bola ke depan gawang yang kemudian disambar Gerard Pangkali untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Pusam mencoba lebih agresif usai tertinggal satu gol, tetapi pemain-pemain tuan rumah tampak terburu-buru sehingga serangan mereka sering kandas di lini tengah dan berhasil dimanfaatkan Persipura untuk mengontrol permainan.

Kerja keras Pusam akhirya terbayar setelah wasit menunjuk titik putih menyusul pelanggaran Yustinus Pae kepada Bayu Gatra di menit ke-42. Spasojevic yang menjadi eksekutor sukses mengecoh Yoo Jae-Hoon untuk dapat menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Di babak kedua, Pusam dan Persipura langsung bermain agresif. Di lima menit pertama, kedua tim sama-sama mendapatkan peluang melalui tendangan bebas di sisi kanan pertahanan lawan. Pusam mendapatkannya di menit ke-47, namun eksekusi Joko Sasongko berhasil dihalau, sementara dua menit berselang sepakan Ian Kabes masih tepat ke pelukan Rivki.

Pada menit ke-53 , Pusam unggul terlebih dahulu. Memanfaatkan bola muntah setelah Jae-Hoon menepis tembakan Loudry, Samma menguasai bola dan langsung melepaskan tembakan keras yang gagal diantisipasi kiper asal Korea Selatan tersebut, sehingga skor berubah menjadi 2-1 untuk tuan rumah.

Pada menit ke-82, Persipura akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2, kelengahan lini belakang Pusam tidak menyadari sosok Bio Paulin yang berdiri bebas di depan gawang ketika tendangan penjuru, dan bek tangguh itu dengan mudah mencepolskan bola umpan Pangkali ke dalam gawang. (Def)

Susunan Pemain

Putra Samarinda: Rivki; Naser, Wahyu, Yusar; Lovinian/Sasongko (29), Sandi, Bayu Gatra, Erik Setiawan/Radiansyah (88), Loudry; Sultan Samma/ Siswanto (75), Spasojevic

Persipura Jayapura: Jae-hoon; Ronny Esar/N Alom (46), Sanadi, Tinus Pae, Andri Ibo/Kayame (73), Bio; Fakdawer, Pangkali, Jun-sik, Kabes/Pahabol (68); Mandowen

Baca Juga:
Gunung Kelud Meletus, Timnas U-19 Pakai Pita Hitam
Timnas U-19 Siap Tempur Hadapi PSIS
Mengintip Menu Makanan Evan Dimas Cs
Meski Hujan Abu Kelud, Warga Antusias Saksikan Timnas U-19
Pemain Asal Australia Tiba di Markas Persib Bandung

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya