Survei Indikator: Anies Baswedan dan Gibran Rakabuming Pemenang Debat Perdana

Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo bersaing ketat terkait penampilan di debat perdana. Sementara, Anies Baswedan unggul di posisi teratas.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 26 Des 2023, 15:47 WIB
Tiga Calon Presiden, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan saat debat perdana Pilpres 2024 di halaman Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia menggelar survei terbaru terkait Pilpres 2024. Salah satu hasilnya yaitu soal siapa paling unggul di debat capres dan cawapres perdana. Hasilnya, mayoritas publik menilai calon presiden (capres) Anies Baswedan sebagai pemenang dalam debat capres perdana.

Dari 1217 responden, 42,3 persen mengaku menonton debat capres dan 57,7 persen tidak menonton debat. Dari yang menonton debat itu, 35,5 persen menyatakan Anies pemenang debat.

"Anies overall dianggap sebagai pemenang debat capres," ungkap Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Selasa (26/12/2023).

Sementara, Capres nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo bersaing ketat terkait penampilan di debat.

"Prabowo dinilai sedikit lebih unggul dengan angka 28,9 persen. Ganjar Pranowo di bawahnya dengan angka 26,9 persen," kata Burhanuddin.

Sementara untuk debat cawapres, dari 35,9 persen yang menonton, 56,2 persen  menilai penampilan Gibran dinilai sebagai yang terbaik dibandingkan Cawapres nomor urut satu, Muhaimin Iskandar dan Cawapres nomor urut tiga, Mahfud Md.

"Kalau kita tanya, siapa yang dianggap seusai menonton debat cawapres ini yang unggul, yang tampil baik dalam debat tersebut? mayoritas menganggap Gibran sebagai pemenangnya," ujar Burhanuddin.

"Dalam konteks debat capres, meskipun Anies dianggap paling baik penampilannya, tidak dominan, tidak mencapai 50 persen, tapi dalam konteks cawapres Gibran secara mayoritas dinobatkan sebagai pemenang," sambungnya.

 

2 dari 2 halaman

Cak Imin di Posisi Terbawah

Prabowo-Gibran kompak mengenakan setelan kemeja biru yang identic dengan pasangan nomor urut 2 itu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementar, cawapres nomor dua Mahfud MD berada di urutan kedua dengan angka 24,2 persen. Muhaimin Iskandar paling rendah dengan 12,3 persen.

"Gibran mendapat penilaian tertinggi karena dianggap publik sebagai underdog. Ekspektasi Gibran sebelum debat sangat rendah,” pungkasnya.

Adapun survei dilakukan pada 23-24 Desember 2023 melalui wawancara telepon kepada  1217 responden yang dipilih dengan metode random digit dialing (265 responden) dan double sampling (952 responden). Margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Infografis Jadwal, Tema, Format Debat Capres-Cawapres 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya