Sudah Jadi Agen Bebas, Manchester United Masih Minta David de Gea Berkorban

Manchester United (MU) mengajukan permintaan khusus kepada David de Gea. Sang raksasa Liga Inggris kabarnya membujuk kiper asal Spanyol untuk tak segera bergabung dengan klub lain, meski dirinya saat ini sudah berstatus sebagai agen bebas.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 02 Jul 2023, 22:00 WIB
David De Gea diminta untuk tidak buru-buru mencari klub baru meski ia sejatinya sudah menyandang status sebagai agen bebas usai kontraknya bersama Manchester United berakhir. (AP Photo/Jon Super)

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United (MU) mengajukan permintaan khusus kepada David de Gea. Sang raksasa Liga Inggris kabarnya membujuk kiper asal Spanyol untuk tak segera bergabung dengan klub lain, meski dirinya saat ini sudah berstatus sebagai agen bebas.

Seperti diketahui, De Gea secara teknis memang tak lagi menjadi bagian dari Setan Merah. Masa kerjanya di Old Trafford berakhir pada 30 Juni 2023 lantaran tidak adanya kesepakatan mengenai kontrak baru antara ia dengan pihak klub.

Kabar menyebut Manchester United sejatinya bisa saja mempertahankan De Gea di Old Trafford. Pemain asal Spanyol itu semula sudah setuju dengan tawaran kontrak baru dari MU, yang membuat dirinya mengalami pemotongan gaji.

Akan tetapi, Setan Merah mengambil manuver berbeda beberapa waktu berselang. MU dilaporkan mundur dari kesepakatan dan mengajukan proposal anyar yang membuat bayaran De Gea makin menurun dibanding sebelumnya.

Hal tersebut membuat mantan kiper Atletico Madrid berada di situasi kurang mengenakkan. Setan Merah pun kehabisan waktu dan harus menyaksikan pemain nomor satunya menyandang status bebas transfer.

Walau begitu, sang raksasa Liga Inggris masih berupaya menjalin hubungan dengan De Gea guna memantau langkah sang pemain.

Laporan The Sun bahkan mengklaim Manchester United tak segan memintanya untuk tidak buru-buru bergabung dengan klub lain sebagai antisipasi apabila mereka gagal mendapatkan kiper baru yang sesuai budget jelang kompetisi musim depan.

2 dari 4 halaman

Manchester Unted Hadapi Krisis Penjaga Gawang

Kiper Manchester United David de Gea. (CRISTINA QUICLER / AFP)

Tak dapat dimungkiri, Setan Merah memang berpotensi menghadapi krisis penjaga gawang apabila gagal menemukan pengganti David de Gea.

Seolah belum cukup ditinggal pemain nomor satunya, Setan Merah juga harus merelakan Dean Henderson yang berpotensi menyegel kepindahan permanen ke Nottingham Forest.

Tom Heaton pun dikabarkan berniat hijrah ke Luton Town pada jendela transfer kali ini. Akan tetapi, MU nampaknya tak mau gegabah, sehingga mereka dikabarkan sudah memblokir rencana kepindahan tersebt.

Sejumlah nama penjaga gawang potensial, termasuk Andre Onana, telah dikaitkan dengan MU sejak beberapa waktu terakhir. Akan tetapi, Setan Merah tidak bisa leluasa melakukan perekrutan akibat anggaran transfer yang terbatas serta prioritas mereka mencari striker.

3 dari 4 halaman

David de Gea Bisa Jadi Opsi

Manajer Manchester United, Erik ten Hag, dan kiper David De Gea. (AP Photo/Dave Thompson)

Laporan The Sun mengklaim Setan Merah hanya punya dana 120 juta poundsterling yang dapat dihabiskan pada jendela transfer musim panas ini akibat aturan Financial Fair Play.

Akan tetapi, sekitar setengah dari dana tersebut sudah mereka gunakan untuk mencapai kesepakatan dengan Chelsea terkait kepindahan Mason Mount menuju Old Trafford.

Situasi ini membuat Manchester United diprediksi harus menarik diri dari perburuan tanda tangan Harry Kane dan Victor Osimhen, yang masing-masing dibanderol dengan harga 100 juta dan 150 juta poundsterling.

The Sun pun menyebut MU berpotensi harus menunda pembicaraan mereka untuk kiper Inter Milan Andre Onana yang harganya diperkirakan mencapai 40 juta poundsterling.

Di tengah situasi ini, melanjutkan kerja sama dengan David De Gea bisa menjadi opsi buat MU. Apalagi Setan Merah melalui pernyataan resminya memang mengeklaim tak bakal menutup kemungkinan untuk melanjutkan diskusi mengenai masa depan kiper Spanyol.

4 dari 4 halaman

Reuni dengan Cristiano Ronaldo

Kiper Manchester United, David de Gea melakukan penyelamatan saat bertanding melawan Villarreal pada pertandingan grup F Liga Champions di stadion Old Trafford, Inggris, Kamis (30/9/2021). Manchester United menang tipis atas Villareal 2-1. (AFP/Anthony Devlin)

Di sisi lain, De Gea sejatinya sudah sempat dikaitkan dengan kepindahan ke klub lain. Kiper berusia 32 tahun itu kabarnya berpotensi menjalin kerja sama dengan Al Nassr.

Melansir Al Iqtisadiah, klub Arab Saudi memang butuh penjaga gawang baru usai gagal menjadi juara Saudi Pro League musim lalu. Laporan yang sama bahkan mengeklaim pihak klub sudah mulai bernegosiasi dengan De Gea terkait gaji dan bonus.

Jika benar pindah ke Al Nassr, maka De Gea bakal reuni dengan mantan rekannya di MU. Dia berpotensi kembali mengenakan seragam yang sama dengan megabintang asal Portugal Cristiano Ronaldo yang sudah lebih dulu bergabung pada awal tahun ini.

 
 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya