Berhasil Benahi Sepak Bola, Elektabilitas Erick Thohir Melesat Sebagai Cawapres

Keberhasilan benahi sepak bola meneguhkan kedigdayaan elektabilitas Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres).

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Jun 2023, 17:50 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Liputan6.com/Melinda Indrasari)  

Liputan6.com, Jakarta - Keberhasilan benahi sepak bola meneguhkan kedigdayaan elektabilitas Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres). Berdasarkan temuan Indikator Politik Indonesia terbaru, elektabilitas pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengalami lonjakan ke peringkat pertama dalam bursa cawapres.

“Yang menarik dan paling tinggi loncatannya yakni Erick Thohir sebagai cawapres, lompatannya cukup signifikan. Penjelasannya karena sudah mendapatkan emas di SEA Games yang sudah 32 tahun itu,” terang Pakar Komunikasi Politik, Effendi Gazali, dalam acara Rilis Nasional Indikator Politik Indonesia bertajuk ‘Saling Salip Elektabilitas Capres Cawapres Jelang Pemilu 2024’ secara daring, Minggu (04/06).

Berdasarkan temuan dari lembaga besutan Burhanuddin Muhtadi ini, Erick Thohir berada di posisi pertama dalam simulasi 18 nama cawapres. Ia memiliki elektabilitas sebesar 15,5 persen dan berhasil mengungguli nama–nama politisi lama seperti Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Menkopolhukam Mahfud MD dan Menparekraf Sandiaga Uno.

Di mana masing–masing elektabilitas cawapres tokoh–tokoh lama ini adalah Ridwan Kamil 15,4 persen, Mahfud MD 13,4 persen dan Sandiaga Uno 13,1 persen.

Effendi menjelaskan keberhasilan sepak bola Indonesia di bawah kepemimpinan Erick Thohir tidak bisa dipandang sebelah mata dalam ajang Pilpres 2024 mendatang.

Mengingat jumlah pecinta sepak bola Indonesia merupakan yang tertinggi di dunia. Secara persentase pecinta sepak bola Indonesia berjumlah 69 persen dari total penduduk yang berada di angka 273 juta jiwa.

Kemudian, setelah ditelusuri lebih dalam oleh Effendi dan Indikator sebanyak 63 persen pecinta sepak bola di Indonesia memiliki hak pilih di Pilpres 2024 mendatang. Dengan angka tersebut mudah dijelaskan jika keberhasilan di dunia sepak bola Indonesia berhasil mendorong elektabilitas cawapres yang dimiliki oleh Erick Thohir.

Apalagi berdasarkan data survei Indikator juga, sebanyak 77 persen masyarakat Indonesia menyatakan puas terhadap kinerja Erick Thohir sebagai Ketum PSSI karena berhasil membawa pulang medali emas di ajang SEA Games Kamboja 2023 kemarin.

“Jumlah pecinta sepak bola di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia, Argentina dan Brazil kalah. Lompatan elektabilitas pada Erick Thohir harus di baca pada konteks itu,” ujar Effendi.

“Apalagi di negara kita yang pemilih pecinta bola paling tertinggi di dunia ini mengatakan puas terhadap kemenangan SEA Games itu dan mereka setuju kalau Pak Erick Thohir berperan. Jadi ini menjelaskan kenapa Erick Thohir bisa melompat jauh,” tandasnya.

2 dari 2 halaman

Metode Survei

Perlu diketahui, Indikator Politik Indonesia melalui survei nasional dari pada periode 26 hingga 30 Mei 2023. Metodologi yang digunakan adalah random digit dialing (RDD) dengan sampel 1230 responden.

Margin of Error (MoE) survei ini diperkirakan sebesar 2,9 persen dan memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

 

Infografis Erick Thohir Terpilih Jadi Ketum PSSI Periode 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya