Sudah Dapat Restu Sejak Tahun Lalu, Bagaimana Kabar Private Placement GOTO?

Goto akan menerbitkan 118,43 miliar lembar saham seri A atau maksimal 10 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetor dalam perseroan.

oleh Pipit Ika Ramadhani diperbarui 25 Mei 2023, 11:00 WIB
PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berencana melakukan penambahan modal tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

Liputan6.com, Jakarta PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berencana melakukan penambahan modal tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

Pada aksi tersebut, Goto akan menerbitkan 118,43 miliar lembar saham seri A atau maksimal 10 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetor dalam perseroan.

Rencana tersebut sebelumnya telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan pada 28 Juni 2022.

Sesuai ketentuan POJK No. 22, perseroan dapat melaksanakan private placement dalam waktu satu tahun sejak RUPS menyetujui rencana aksi tersebut.

Namun hingga saat ini, aksi tersebut belum juga terlaksana. Alasannya, perseroan masih terus mengkaji apakah akan melaksanakan serta opsi- opsi yang sesuai untuk melaksanakan PMTHMETD dengan memperhatikan kebutuhan serta kepentingan terbaik Perseroan serta kondisi pasar.

Melansir keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (25/5/2023), manajemen Gojek Tokopedia menegaskan tidak ada perubahan rencana aksi.

Termasuk tujuan private placement yang dimaksudkan untuk mengembangkan kegiatan usaha perseroan dan memperkuat posisi permodalan perseroan.

Pelaksanaan PMTHMETD akan dilakukan jika perseroan memandang bahwa aksi tersebut diperlukan dan merupakan opsi pendanaan yang terbaik bagi perseroan.

Adapun dana yang diperoleh dari aksi ini akan digunakan untuk mendukung kebutuhan modal kerja perseroan dan anak perusahaannya.

Termasuk PT Tokopedia, PT Swift Logistic Solutions, PT Dompet Anak Bangsa dan atau PT Multifinance Anak Bangsa dan atau PT Multi Adiprakarsa Manunggal dan atau pelunasan melalui konversi atas utang perseroan di kemudian hari.

 

2 dari 2 halaman

Tambah Saham

Sinergitas Gojek dan Tokopedia disebut-sebut mampu mendukung digitalisasi UMKM di Indonesia sehingga mampu memperluas jaringan pasarnya. (Dok: GoTo)

Penerbitan saham baru lewat private placement ini akan meningkatkan jumlah saham yang dikeluarkan perseroan. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan likuiditas perdagangan saham GOTO.

Apabila PMTHMETD dilaksanakan, persentase kepemilikan saham dari pemegang saham perseroan saat ini akan mengalami penurunan (dilusi) sebesar maksimum 9,09 persen.

Pelaksanaan PMTHMETD ini tidak akan mengakibatkan perubahan rasio hak suara Saham Seri B terhadap Saham Seri A.

Harga pelaksanaan saham tambahan adalah paling sedikit 90 persen dari rata-rata harga penutupan saham perseroan selama 25 hari bursa berturut-turut sebelum tanggal permohonan pencatatan saham tambahan hasil private placement.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya