Ladies, Ini 5 Aroma Parfum yang Dijamin Membuat Anda Lebih Menarik Menurut Ahli

Menurut ahli, ini 5 aroma parfum yang dapat membuat Anda tampak lebih menarik

oleh Sulung Lahitani diperbarui 08 Mei 2023, 11:35 WIB
Ilustrasi minyak atsiri atau essential oil. (dok. Christin Hume/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Wewangian yang kita kenakan dapat memainkan peran besar dalam cara calon pasangan memandang kita. "Aroma dapat memicu ingatan dan perasaan yang kuat, yang dapat memengaruhi seberapa menarik kita menemukan seseorang," jelas Laura Wasser, pakar hubungan dan kepala evolusi perceraian di Divorce.com.

Beberapa aroma parfum dapat menciptakan rasa nyaman atau keakraban, sementara yang lain dapat membangkitkan emosi yang lebih menggairahkan atau menyegarkan, yang semuanya dapat berkontribusi pada daya tarik. Untuk mengetahui aroma mana yang bisa membuat Anda lebih menarik, berikut ini penjelasannya seperti dihimpun dari Bestlife.

1. Vanila

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa aroma dapat memengaruhi emosi seseorang. Seperti yang dijelaskan oleh salah satu studi tahun 2021 dalam jurnal Cognitive Research: Principles and Implications, "Rangsangan penciuman… dapat memengaruhi segalanya mulai dari penilaian orang lain tentang daya tarik, usia, pengaruh, status kesehatan/penyakit orang lain, dan bahkan elemen kepribadian mereka."

Dan salah satu aroma tertentu yang terbukti memberikan dampak positif adalah vanilla. Lisa Lawless, PhD, CEO dari Holistic Wisdom, menjelaskan bahwa wewangian ini "sering dikaitkan dengan kenangan indah, seperti membuat kue atau makanan manis lainnya."

Faktanya, sebuah studi tahun 1994 menunjukkan bahwa gejala kecemasan berkurang ketika pasien MRI diberi aroma vanila. Hingga saat ini, Wasser menambahkan bahwa aroma ini dapat "membangkitkan kenangan indah atau menciptakan rasa nyaman dan hangat"—perasaan yang sangat penting dalam hal ketertarikan dan hubungan.

 

2 dari 4 halaman

2. Musk

Ilustrasi menggunakan parfum (sumber: Freepik)

Aroma hangat, bersahaja, dan musky seperti kayu cendana dan nilam dapat membuat Anda terlihat "membumi, nyaman berada di sekitar, dan canggih", yang menurut banyak orang menarik, Lawless menjelaskan kayu cendana sering digunakan di spa dan studio yoga, karena dikaitkan dengan perasaan menenangkan dan menyejukkan.

Dan aroma musky yang tidak terlalu menyengat bisa membuat seseorang ingin mengenal Anda lebih jauh. "Misalnya, aroma dengan sedikit bahan yang tidak biasa seperti lada hitam, teh, atau bahkan kulit bisa sangat menarik dan menciptakan rasa penasaran," saran Wasser.

3. Jeruk

Jika Anda ingin tampil energik dan bahagia saat berkencan, aroma dengan nada jeruk diketahui menyegarkan.

"Dalam aromaterapi, aroma jeruk, terutama citrus, dianggap dapat membangkitkan kegembiraan. Mereka menawarkan rasa kesegaran dan vitalitas, yang bisa sangat menarik," kata Lawless.

 

3 dari 4 halaman

4. Lavender

Foto: InStyle.com

Lavender umumnya diasosiasikan dengan relaksasi, karena biasanya ditemukan di spa atau lilin beraroma yang dimaksudkan untuk membantu Anda tidur.

"Ketika kita menghirup aroma lavender, itu dapat menyebabkan otak memproduksi neurotransmiter seperti serotonin dan dopamin, yang berfungsi mengatur suasana hati dan mendorong relaksasi," ujar Caleb Backe, ahli aromaterapi Maple Holistics kepada Best Life.

Dan ketika orang merasa tenang dan nyaman di sekitar Anda, itu bisa membuat Anda tampil lebih menarik.

 

4 dari 4 halaman

5. Floral

Ilustrasi parfum. (Foto: pexels.com)

Aroma bunga seperti lilac dan ylang-ylang sering dianggap "romantis dan feminin," catat Lawless, telah digunakan selama berabad-abad sebagai afrodisiak.

Jadi mungkin tidak mengherankan jika studi tahun 2020 dari Fragrantica.com menemukan bahwa "85 persen pria mengakui bahwa mereka paling tertarik pada wanita yang disemprot dengan wewangian 'bunga'," demikian seperti yang dilaporkan Daily Mail.

Aroma bunga, atau wewangian apa pun dalam daftar ini, pasti bisa membuat Anda ketagihan. "Perlu diingat bahwa memakai wewangian yang kuat di sekitar seseorang yang peka terhadap wewangian bisa membuat tidak nyaman, sementara orang lain yang menyukai bau yang kuat mungkin menganggapnya merangsang," Lawless memperingatkan.

"Namun, kebanyakan orang terbatas pada apa yang dapat mereka toleransi mengenai intensitas, jadi yang terbaik adalah menahan diri untuk tidak membasahi diri dengan parfum atau cologne."

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya