Pecahkan Rekor! Komang dari Raim Laode Jadi Lagu Paling Banyak Diputar dalam Sehari di Spotify

Lagu Komang yang dinyanyikan Raim Laode menjadi lagu paling banyak diputar dalam sehari di Spotify. Lagu Komang juga memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh lagu Hati-Hati di Jalan milik Tulus.

oleh Agustin Setyo Wardani diperbarui 07 Apr 2023, 14:00 WIB
Penyanyi Raim Laode yang menyanyikan lagu Komang. Raim selain penyanyi juga merupakan seorang standup comedian. foto: IG/@raimlaode

 

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi 28 tahun asal Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Raim Laode, memecahkan rekor di tahun 2023 dengan lagu Komang-nya. Lagu yang menceritakan cinta Raim Laode untuk sang istri ini menjadi lagu paling banyak didengarkan selama 24 jam di Spotify Indonesia pada 3 April 2023.

Single terbaru tersebut berhasil melampaui rilisan sebelumnya seperti lagu Hati-Hati di Jalan dari Tulus dan Glimpse of Us dari Joji.

Melalui keterangan resmi Spotify yang diterima Jumat (7/4/2023), Raim Laode mengungkapkan sukacitanya. "Saya bahagia sekali melihat lagu ini diterima dengan baik oleh para pendengar. Ketika lagu ini dirilis pada bulan Agustus 2022, saya tidak pernah menyangka lagu ini akan menjadi viral," katanya.

Raim Laode melanjutkan, "Pencapaian ini membuktikan bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin. Inilah yang memperkuat keyakinan saya, bahwa terkadang mimpi terwujud di waktu yang tidak terduga."

Sekadar informasi, Komang masuk ke tangga lagu Top 50 Indonesia di Spotify pada 16 Februari 2023 dengan menempati posisi ke-22. Komang berhasil mencapai posisi ke-2 pada minggu berikutnya.

Tak lama berselang, pada 2 Maret 2023, lagu Komang berhasil menduduki posisi teratas di Top 5 Indonesia selama empat minggu berturut-turut.

Tidak hanya itu, lagu viral Komang juga berhasil memecahkan rekor sepanjang masa untuk jumlah streaming terbanyak dalam satu hari, dibandingkan semua lagu di Spotify Indonesia.

Komang menyalip lagu milik Tulus, Hati-Hati di Jalan dan Sial milik Mahalini dengan lebih dari dua juta streaming.

2 dari 5 halaman

Musisi dan Lagu Lokal Jadi Prioritas Spotify Indonesia

Spotify mengumumkan akan memisahkan tombol Play dan Shuffle untuk para pelanggan Premium. (Dok: Spotify).

Head of Music Spotify Asia, Kossy Ng, mengatakan, merayakan musik dan artis lokal menjadi prioritas utama di Spotify.

"Senang sekali melihat artis Indonesia yang terus merajai tangga lagu lokal dan mendobrak lebih banyak batasan dari sebelumnya," katanya.

Sekadar informasi, tidak butuh waktu lama bagi Komang untuk viral karena lagu ini kerap kali digunakan sebagai musik latar untuk berbagai konten video di media sosial.

3 dari 5 halaman

Dukungan untuk Lagu Komang di Seluruh Dunia

Kehadiran fitur miniplayer Spotify yang kini bisa diakses langsung dari aplikasi Facebook. (Foto: Spotify)

Lagu Komang juga berhasil memperoleh banyak dukungan dan pengakuan di tingkat global. Komang menempati posisi teratas di tangga lagu Spotify berikut ini. 

Pengakuan atas Lagu Komang di Seluruh Dunia:

  • Nomor 1 di Spotify Viral 50 Global
  • Nomor 1 di Spotify Viral 50 Indonesia
  • Nomor 4 di Spotify Viral 50 Singapora
  • Nomor 16 di Spotify Viral 50 Taiwan
  • Nomor 32 di Spotify Viral 50 Philippines
  • Nomor 1 di Spotify Top 50 Indonesia
  • Nomor 17 di Spotify Top 50 Malaysia, dan
  • Nomor 44 di Spotify Top 50 Global.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Lagu Komang

Raim Laode SUCA 2 (https://www.instagram.com/p/CGCOmWxJFhx/)

Komang adalah lagu yang judulnya diambil nama sang istri, Komang, lahir dari sebuah kesederhanaan dan merupakan ungkapan cinta Raim.

Ia mendedikasikan lagu ini untuk seluruh perempuan di Bali, atas kerja keras mereka selama ini. Dikatakan, kejujuran yang dibawa oleh lagu ini senada dengan apa yang dirasakan para pendengar, sehingga tak sulit membangun kedekatan antara Raim dengan pendengarnya.

Raim mengatakan, dirinya percaya teknologi dan inovasi memungkinkan tiap orang untuk menjadi local hero dan membagikan kisah mereka melalui musik.

5 dari 5 halaman

Platform Digital Bantu Musisi Jangkau Audiens

Raim Laode SUCA 2 (https://www.instagram.com/p/CGCOmWxJFhx/)

"Platform digital seperti Spotify telah membantu musisi di mana pun mereka berada untuk dapat ditemukan dan terhubung dengan pendengar di seluruh dunia. Senang sekali saya bisa menjadi salah satu di antaranya," kata Raim.

Lagu Komang sendiri diputar sebanyak hampir 70 juta kali sejak rilis pada 17 Agustus 2022. Sebelum Komang, Raim berkarya sejak 2018 dengan Cemburu sebagai single perdana. Lalu ada juga Suasana Rumah yang rilis pada 2019 dan Sang Badut pada 2021.

Menurut sang penyanyi, setiap musik yang diciptakan adalah caranya mengapresiasi momen dalam hidup dan menceritakan perjalanan hidupnya pada masa tertentu.

Infografis: 14 Layanan Publik Komersial Yang Wajib Bayar Royalti Lagu (Liputan6.com / Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya