Reaksi Dunia Internasional Sikapi 1 Tahun Invasi Rusia ke Ukraina

Warga dunia turun ke jalan memperingati satu tahun invasi Rusia ke Ukraina. Pada Tanggal 24 Febuari 2022 Rusia melancarkan operasi militer ke Ukraina salah satu negara tetangganya di sebelah barat daya, operasi ini menandai peristiwa penting dalam perang Rusia-Ukraina yang dimulai pada tahun 2014.

oleh Arnaz Sofian diperbarui 25 Feb 2023, 12:29 WIB
1 Tahun Invasi Rusia ke Ukraina
Warga dunia turun ke jalan memperingati satu tahun invasi Rusia ke Ukraina. Pada Tanggal 24 Febuari 2022 Rusia melancarkan operasi militer ke Ukraina salah satu negara tetangganya di sebelah barat daya, operasi ini menandai peristiwa penting dalam perang Rusia-Ukraina yang dimulai pada tahun 2014.
Satu keluarga Ukraina yang tinggal di Chile menghadiri demonstrasi pada peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina di Santiago, Chile, 24 Februari 2023. (AP Photo/Esteban Felix)
Warga Ukraina memegang lilin selama demonstrasi yang menandai peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina di Monumen Angel of Independence, Mexico City, Meksiko, 24 Februari 2023. (AP Photo/Fernando Llano)
Para peserta membawa bendera raksasa Ukraina untuk memperingati satu tahun invasi Rusia ke Ukraina di depan Kedutaan Besar Rusia, Warsawa, Polandia, 24 Februari 2023. (AP Photo/Czarek Sokolowski)
Orang-orang berkumpul di Alun-Alun Kota Tua untuk menandai peringatan satu tahun invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina, Praha, Republik Ceko, 24 Februari 2023. (AP Photo/Petr David Josek)
Seorang gadis memegang bendera Ukraina saat warga Ukraina dan pendukung mereka berkumpul untuk memperingati satu tahun invasi Rusia ke Ukraina di Tel Aviv, Israel, 24 Februari 2023. (AP Photo/Ariel Schalit)
Remaja Ukraina, Alisa Bushuieva, yang terpaksa meninggalkan negaranya bersama ibunya, Svitlana, pada Februari tahun lalu, memainkan piano setelah mengheningkan cipta selama satu menit untuk memperingati satu tahun invasi Rusia Ukraina di Peter's Lane, Liverpool, Inggris, 24 Februari 2023. (Peter Byrne/PA via AP)
Seorang pengunjuk rasa Ukraina yang tinggal di Siprus, mengibarkan bendera Ukraina ketika yang lain berdiri di depan layar selama protes menandai peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina di Ibu Kota Nicosia, Siprus, 24 Februari 2023. (AP Photo/Petros Karadjias)
Katerina Kalinina dari Ukraina mengibarkan bendera negaranya pada patung mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela saat demonstrasi peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina di Balai Kota Cape Town, Afrika Selatan, 24 Februari 2023. (AP Photo/Nardus Engelbrecht)
Demonstran menempatkan lukisan yang secara simbolis menggambarkan Ukraina pada pagar keamanan yang mengelilingi kedutaan Rusia saat protes menandai peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina di Buenos Aires, Argentina, 24 Februari 2023. (AP Photo/Natacha Pisarenko)
Para pengunjuk rasa tiba di Gerbang Brandenburg, diterangi dengan warna Ukraina, saat demonstrasi untuk menandai peringatan pertama invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina di Berlin, Jerman, 24 Februari 2023. (AP Photo/Markus Schreiber)
Seorang pendukung Ukraina memegang kepala boneka yang menggambarkan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menandai peringatan satu tahun invasi skala penuh Rusia ke Ukraina saat pertemuan di Place de la Republique, Paris, Prancis, 24 Februari 2023. (AP Photo/Michel Euler)
Orang-orang Ukraina mengambil bagian dalam protes yang menandai satu tahun sejak invasi Rusia ke Ukraina di Alun-Alun Spanyol di Madrid, Spanyol, 24 Februari 2023. Spanduk itu bertuliskan dalam bahasa Spanyol: "Berhenti membunuh kami". (AP Photo/Manu Fernandez)
Orang-orang yang membawa bendera nasional Ukraina dan tanda anti-perang berpartisipasi dalam prosesi obor pada peringatan satu tahun invasi Rusia ke Ukraina di distrik tempat Kedutaan Besar Rusia berada di Roma, Italia, 24 Februari 2023. (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya